SERANG, SSC – Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (tipikor) Serang menjatuhkan vonis kepada Walikota Cilegon nonaktif Tubagus Iman Ariyadi selama 6 tahun penjara. Iman dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana korupsi terkait penerbitan izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Transmart.

“Menjatuhkan pidana dengan penjara selama enam tahun penjara dikurangi selama terdakwa berada di dalam penjara dan pidana denda sebesar Rp250 juta. Apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama tiga bulan penjara,” ujar Ketua Majelis Hakim, Efiyanto pada pembacaan putusan vonis, Rabu (6/6/2018).

Dalam pembacaan, Majelis hakim menyatakan tidak sepakat dengan tuntutan jaksa yang meminta hak politik Iman dicabut selama lima tahun. Pada pertimbangan yang dibacakan, majelis mencabut tuntutan itu.  Majelis juga meminta agar jaksa mencabut rekening yang diblokir.

“Memerintahkan untuk mencabut pemblokiran rekening Iman dan istri, ” ungkapnya.

Selain Iman terdakwa lain pada persidangan itu yaitu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Ahmad Dita Prawira divonis hukuman penjara 5 tahun. Sementara terdakwa Hendri selaku Direktur PT Jayatama Primayasa dijatuhkan vonis 4 tahun penjara.

Atas vonis itu, ketiga terdakwa mengaku pikir-pikir. Hal yang sama juga disampaikan Jaksa KPK. Mereka juga mengaku pikir-pikir untuk mengajukan banding. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?