Imigrasi Kota Cilegon mendeportasi Tenaga Kerja Asing Korea Selatan berinisial LOK karena tidak memiliki dokumen keimigrasian secara lengkap atau menyalahgunakan ijin visa wisata. Foto Ronald Siagian

CILEGON, SSC – Tenaga Kerja Asing (TKA) asal negara Korea Selatan dengan inisial LOK dideportasi Kantor Imigrasi Kelas II Kota Cilegon. Pekerja asing yang bekerja sebagai General Manajer di PT. Dongjin Indonesia Cilegon itu dideportasi karena didapati bekerja di Cilegon secara ilegal dengan menyalahgunakan ijin visa.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon, Agus Winarto mengatakan, pihaknya telah menahan LOK sejak hari Kamis, 5 April lalu. Setelah diperiksa, LOK dinyatakan melanggar Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian karena menyalahgunakan visa wisata dan tidak memiliki ijin kerja sebagai tenaga kerja asing.

“dia melanggar Undang-undang keimigrasian tentang penyalahgunakan visa. Jadi visa wisata digunakan untuk bekerja, ” Ungkap Agus saat mendeportasi LOK di Kantor Imigrasi Cilegon, Jumat (20/04/2018).

Lebih jauh Agus membeberkan, pihaknya memutuskan untuk mendeportasikan LOK setelah mengumpulkan sejumlah alat bukti. Dari hasil pemeriksaan terhadap pekerja itu dan saksi lainnya, sambung Agus, LOK tidak dapat menunjukan Ijin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) yang dimiliki.

“Kita sudah memeriksa dia, mengambil keterangan saksi dan mengumpulkan alat bukti yang cukup. Kita putuskan, dengan menyangkakan dia melanggar undang-undang keimigrasian, ” Paparnya.

Sementara terkait dengan keberadaan LOK di Indonesia yang dideportasi, Kata Agus, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kantor Kedutaan Besar Perwakilan Negara Korea Selatan yang ada di Jakarta. LOK dapat bekerja di Indonesia, sambungnya bilamana telah memenuhi dokumen imigrasi secara lengkap.

“Kalau sudah memproses dokumen yang benar, baru boleh untuk kembali. Artinya, semua berkas sudah lengkap, ” Tegasnya.

TKA Korea Selatan, LOK menaiki mobil Wasdakim Imirasi Cilegon ketika dideportasi dari Kota Cilegon ke Korea Selatan. Foto Ronald Siagian

Diketahui, LOK dideportasi ke Korea Selatan dengan dikawal petugas Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Kantor Imigrasi Cilegon.Sebelum terbang ke Korsel, petugas mengawal LOK dari Cilegon hingga Bandara Soekarno Hatta. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here