PT Chandra Asri Petrochemical memperlihatkan alat pengolahan sampah plastik kepada Walikota Cilegon, Helldy Agustian, Selasa (2/11/2021). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Industri di Kota Cilegon mulai berpartisipasi membantu Pemkot Cilegon untuk menangani persoalan sampah. Hal ini ditunjukan oleh salah satu pabrik petrokimia yakni PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dengan mengolah sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM).

VP Corporate Relations & Sustainability Chandra Asri, Edi Rivai mengatakan, pengolahan sampah plastik yang dilakukan perusahaan dinamai Industri Pengelolaan Sampah Terpadu-Atasi Sampah, Kelola Mandiri (IPST Asari). Pengolahan sampah dengan IPST Asari mengadopsi pendekatan Environment, Social, and Governance (ESG).
Di mana teknologi yang digunakan dengan mekanisme pirolisis ini dapat meminimalisir sampah plastik tidak terbuang ke lautan.

“Melalui IPST Asari, tumpukan sampah plastik dari warga Cilegon ini akan mampu mengurangi beban pemerintah dalam mengurangi sampah plastik. Bahkan, kami juga mengajak 242 KK berpartisipasi untuk mengumpulkan sampah plastiknya. Di sana, sampah plastik bernilai tinggi akan dijual ke industri daur ulang, sedangkan sampah plastik bernilai rendah akan diproses melalui sistem pirolisis menjadi BBM Plas,” kata Edi Rivai kepada awak media pada acara peresmian IPST Asari di Lingkungan Serdag, Kelurahan Kota Bumi, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Selasa (2/11/2021).

Baca juga  Cuaca Buruk di Pelabuhan Merak Akibatkan Kapal Feri Susah Bongkar Hingga Truk Penumpang Terbalik

Ia menyatakan, inovasi pengolahan sampah ini ke depan diharapkan dapat menangani sampah dari 43 kelurahan di Cilegon. Diharapkan pula tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Nantinya sampah yang sudah ada akan langsung di kelola di IPST Asari untuk kemudian dijual ke industri daur ulang dan diolah menjadi sumber daya yang lain yaitu BBM Plas,” jelasnya.

Sementara di tempat yang sama, Walikota Cilegon Helldy Agustian mengharapkan, industri lainnya dapat mengikuti inovasi yang dilakukan Chandra Asri.

“Sampah ini akan diproses menjadi BBM, minyak tanah. Harapan kami, Chandra Asri sebagai pelopor agar bisa diikuti oleh industri lainnya yang ada di Kota Cilegon,” pungkasnya. (Ully/Red)