Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja'i menyerahkan berkas Berita Acara Prnyerahan Dokumen kepada Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, Irna Narulita-Tanto Warsono Arban saat di KPU Pandeglang, Sabtu (5/9/2020). Foto Istimewa

PANDEGLANG, SSC – Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, Irna Narulita-Tanto Arban maju di Pilakda Pandeglang. Pasangan petahana ini resmi mendaftar sebagai bapaslon di KPU Pandeglang, Hari ini, Sabtu (5/9/2020).

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Sujai mengatakan, berkas bapaslon setelah diserahkan dan dicek kelengkapannya dinyatakan telah memenuhi syarat (MS).
Berkas persyaratan bapaslon Irna-Tanto yang MS, kata Sujai, menyangkut berkas pencalonan dan persyaratan calon.

Untuk dokumen persyaratan pencalonan yang dinyatakan lengkap mulai dari surat pernyataan tahapan yang ditanda tangani pasangan calon dan 9 partai pengusung. Kemudian, surat keputusan dan persetujuan model B1 KWK dari masing-masing parpol yang ditandatangani DPP juga dinyatakan lengkap.

Baca juga  Penjabat Sekda Nanang Yakin Pendistribusian Vaksin Covid-19 di Serang Aman

Berks lain yang juga telah dinyatakan lengkap mengenai dokuken persyaratan calon. Diantaranya, surat pernyataan, BB1, BB2, ijazah, LHKPN, surat dari pengadilan negeri, SKCK kepolisian dan lainnya.

Meski berkas tersebut lengkap, kata dia, KPU sebagai penyelenggara pemilu harus meneliti dan menverifikasinya hingga batas waktu pada Sabtu (12/9/2020) yang ditetapkan.

“Nah tadi berkas calon sudah lengkap. Persyaratan calon itu yang terpenting secara subtantifnya lengkap. Karena proses keabsahan itu ada diverifikasi syarat calon sampai tanggal 12 september 2020,” paparnya seraya menjabarkan pemeriksaan berkas calon beririsan dengan pelaksanaan tahapan pemeriksaan kesehatan.

Selain Irna-Tanto, bapaslon Thoni Fatoni Mukson-Imat Miftahul Tamamy juga maju dalam Pilkada Pandeglang. Bapaslon ini dijadwalkan akan mendaftar pada Minggu (6/9/2020) di hari terakhir jadwal pendaftaran.

Baca juga  Pemkot Cilegon Cicil Rp 30 Miliar Beli Lahan Milik PT KS

“Informasi yang sudah disampaikan, sudah ada perwakilan yang datang, konsultasi dan mengasistensi beberapa dokumen syarat dan persyaratan calon. Informasinya hari minggu, tetapi untuk jam kapan pastinya datang, kami belum tahu. Untuk daftar batas akhir besok sampai 24.00 WIB,” terang Sujai.

Diketahui, petahana Irna-Tanto maju di Pilkada Pandeglang diusung 9 parpol. Yakni PDIP, Golkar, PKS, PAN, Partai Demokrat, NasDem, PBB, Gerindra dan Perindo. Sementara bapaslon yang menantang petahana yakni Bacalon Thoni Fatoni Mukson-Imat Miftahul Tamamy. Mukson-Imat maju berkontestasi diusung 2 parpol yakni PPP dan PKB. (Ronald/Red)