Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim melakukan kunjungan kerja ke Polres Cilegon, Selasa (9/1/2024). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kapolda Banten, Irjen Abdul Karim melakukan kunjungan kerja ke Polres Cilegon, Selasa (9/1/2024). Dalam kunjungan kerja ini, Kapolda meminta kepada seluruh personil Bhabinkamtibmas di Banten untuk mengamankan dan menjaga kondusifitas saat penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kapolda Banten, Irjen Abdul Karim meminta agar Bhabinkamtibmas dapat berkoordinasi dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan tokoh masyarakat di wilayah masing-masing.

“Bhabinkamtibmas harus mampu menjalankan koordinasi dengan KPPS, KPU dan Tokoh Masyarakat yang ada di wilayahnya sehingga bisa menjaga penyelenggaraan Pemilu berjalan dengan kondusif dan aman,” kata Kapolda Banten kepada awak media usai melakukan kunjungan kerja ke Polres Cilegon, Selasa (9/1/2024).

Baca juga  Penyelundupan Benih Lobster Diungkap Lanal Banten, 77 Ribu Ekor Diamankan

Kapolda Abdul Karim menambahkan, ada beberapa karakter kerawanan di setiap kecamatan saat penyelenggaraan Pemilu 2024, yakni, konflik antar kelompok, terjadi benturan antar pendukung yang terjadi di suatu wilayah.

“Tadi sudah di paparkan oleh Kapolres Cilegon (AKBP Eko Tejo,red) ada beberapa ancaman yang terjadi di setiap kecamatan. Tapi untuk kecamatan (rawan konflik) saya ga hafal. Tapi setiap kecamatan pasti punya karakter kerawanannya,” tambah Kapolda.

Untuk menjaga pengamanan Pemilu di seluruh wilayah Banten, Kapolda Banten mengungkapkan, pihaknya telah mengerahkan sekitar 4 ribu personel.

“Untuk Polda sekitar 1.300 personel yang BKO ke Polres jajaran, sedangkan seluruh jajaran yang dilibatkan sekitar 4.000 personel, untuk pengamanan selama rangkaian kegiatan pemilu,” pungkasnya. (Ully/Red)