SERANG, SSC – Delapan Kepala OPD Kota Serang dan Camat Kasemen yang mendapat jabatan baru diminta untuk cepat beradaptasi di posisi jabatan yang diamanahkan. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Serang, Subadri Ushuludin usai serah terima rotasi dan mutasi jabatan di Puspemkot Serang.

Lanjut Subadri, hal itu perlu dilakukan cepat agar kegiatan program dapat dimulai dan berjalan dengan lancar.

“Cepat beradaptasi. Kita harus menyadari, hari ini atau besok harus ada rapat bersama dengan pengurus yang lain (Kepala OPD) membahas anggaran perubahan, dan itu juga harus bisa segera serta berjalan sebagaimana mestinya,” ujarnya ditemui awak media usai kegiatan, Senin (12/10/2020).

Ia menyatakan, mutasi dan rotasi merupakan hal yang biasa di lingkup pemerintahan bagi ASN. Menurutnya, rotasi dan mutasi tidak akan menganggu kinerja di masing-masing OPD.

“Tidak, tidak akan menganggu karena bukan hanya pribadinya yang bekerja, ada jajaran lain di OPD yang akan membantu (Sekdis, Kabid, dan sebagainya),” ungkapnya.

Baca juga  Pemkot Cilegon Cicil Rp 30 Miliar Beli Lahan Milik PT KS

Ia optimis, kepala OPD yang baru bisa dapat memahami program yang sudah direncanakan oleh pimpinan OPD yang lama. Sebab, masing-masing kepala OPD telah merancang seluruh program kegiatan yang direncanakan.

“Misalnya, Pak Yoyo Wicahyono pun sudah tahu (rencana revitalisasi alur Stadion Maulana Yusuf), sebelum dia ke situ (dimutasi ke Dispora). Jadi, bukan hanya pak Zubaidillah yang tahu, kan program semua OPD telah di expose,” paparnya.

Di lokasi yang sama, Plh Sekda, Nanang Saefudin menyatakan, selain mendapat amanat baru juga akan menjalankan fungsi kesekretariatan daerah merujuk pada peraturan yang ada.

“Tugas Sekda itu ada tiga, pertama membantu menyusun kebijakan kepala daerah, mengkoordinasikan seluruh OPD, serta memberikan pandangan ilustratif kepada Wali dan Wakil Walikota Serang,” ujarnya.

Mengenai posisi sekda yang kosong, kata Kepala Bappeda ini, akan cepat berkoordinasi dengan Kepala BPKSDM untuk menyelenggarkan seleksi terbuka atau open bidding.

“Intinya bagi saya tidak mau berlama-lama, lebih cepat lebih baik, siapapun Sekda definitif itulah pilihan Walikota Serang,” tandasnya.

Baca juga  Dinas Sosial Kota Serang Kebingungan Tangani Orang Gila

Diketahui, ada delapan kepala OPD yang melaksanakan serah terima jabatan. Diantaranya, TB Urip Henus yang sebelumnya menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) dirotasi menjadi Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

Kemudian, Komarudin yang sebelumnya menjabat Asda III Kota Serang bergeser menjadi Inspektur Kota Serang. Heri Hadi yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Walikota menjadi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub). Sementara, Yoyo Wicahyono yang sebelumnya menjabat Kepala Disperdaginkop dan UKM kini menjabat sebagai Kepala Disparpora.

Kemudian, Maman Lutfi yang sebelumnya menjabat Kepala Dishub Kota Serang menjadi Staf Ahli Bidang SDM dan Kesra. Akhmad Zubaidillah yang sebelumnya menjabat Kepala Dispora menjadi Kepala Disperdaginkop dan UKM Kota Serang.

Selanjutnya, Imam Rana menjabat Asisten Bidang Administrasi Umum dan Yudi Suryadi yang sebelumnya menjabat Inspektur Kota Serang menjadi Asda II Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat dan jabatan Camat Kasemen yang sebelumnya Plt kini dijabat Masudi. (SSC-03/Red)