CILEGON, SSC – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) turun ke Pelabuhan Merak, Kota Cilegon menginvestigasi tubrukan dua kapal penyeberangan antara KMP Windu Karsa Dwitya (WKD) dengan KMP Virgo 18 di Perairan Merak.

Salah seorang tim Investigator KNKT, Rudi Yukianto mengatakan, Investigasi yang dilakukan untuk mengetahui penyebab sebab dari kecelakaan itu.

“Kami baru tiba untuk melihat situasi di lapangan seperti apa, kemudian itu sebagai data untuk menganalisa dan selanjutnya menyimpulkan. Yang jelas KNKT pada prinsipnya no blaming, no yudisialy, no liability. Jadi tidak mencari siapa yang salah, siapa yang bertanggung jawab dan menghakimi,” ujar Rudi usai melihat visual di lokasi kejadian, Selasa (23/4/2019).

Baca : Diduga Tubrukan dengan KMP Virgo, Mualim 1 KMP Windu Karsa Terjatuh ke Laut

Secara garis besar, kata Rudi, ada beberapa faktor yang menjadi dasar penyebab kejadian tubrukan kapal. Faktor itu diantaranya karena faktor alam, kesalahan manuasia, internal dan eksternal pada kapal itu sendiri.

“Memang ada beberapa faktor, tapi kami masih belum bisa. Karena kami belum sampai pada obyek kapalnya, kami bisa melihat secara visual saja, di aeal dari alur tempat kejadian. Jadi kami belum bisa menyimpulkan, apakah itu human error, atau dari alam, atau dari internal dan eksternal faktornya,” paparnya.

Baca juga : Ini Kronologi Tubrukan KMP Windu Karsa vs KMP Virgo Hingga Mualim Terjatuh ke Laut

Dari pengamatan visual dan analisa awal di lokasi, kata Rudi, tubrukan terjadi di alur keluar masuk kapal di Pelabuhan Merak. Pihaknya belum dapat memastikan kejadian itu diduga karena ada KMP Virgo terseret arus sehingga menyebabkan tubrukan dengan KMP WKD. Sejumlah langkah investigasi, kata dia, masih didalami termasuk memeriksa kondisi fisik kedua kapal pasca insiden.

“Disini, tidak bisa dipungkiri bahwa kejadian dua-duanya berada di alur. Itu yang tidak bisa dipungkiri. Terlepas dari itu, apakah virgo atau windu karsanya sudah konfirmasi atau bagaimana perlu kami dalami lagi,” terangnya.(Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here