Plang Kantor KPU Banten. (Foto Dokumentasi)

SERANG, SSC – Debat publik pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah di 4 Pilkada di Provinsi Banten dalam waktu dekat akan segera disiarkan di stasiun televisi baik televisi nasional dan lokal.

Komisioner KPU Provinsi Banten, Mashudi mengatakan, debat publik adalah salah satu sarana yang difasilitasi KPU kepada paslon untuk menyampaikan kampanye kepada masyarakat.

Maka dari itu ditengah situasi pandemi Covid-19, kata dia, debat publik diharapkan bisa menjadi referensi bagi masyarakat untuk menentukan kepala daerah yang akan dipilih saat pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Kita minta masyatakat, kalau boleh, memantau dan menonton. Jadi pesan-pesan yang disampaikan para paslon di televisi, sampai ke masyarakat pemilih. Debat ini kan visi misi ini kan, harapan dari pasangan calon. Baik gagasan mereka, program dan visi misi mereka bisa tersampaikan dan terdengar masyarakat di masing-masing kota/kabupaten tempat mereka bertarung,” ujarnya dikonfirmasi, Rabu (11/11/2020).

Baca juga  Meresahkan, ODGJ Berkeliarkan di Kota Serang

Ia juga mengimbau agar paslon bisa mengajak konstituennya menyimak debat publik di rumah masing-masing. Karena debat publik merupakan bentuk kampanye yang efektif bagi paslon.

Kepada KPU kota/kabupaten juga diharapkan bisa mensosialisasi jadwal dan jam tayang debat sebelum hari pelaksanaan agar masyarakat bisa mengetahuinya.

“Kami berharap kawan-kawan kpu kota/kabupaten, kami minta mensosialisasikan jadwal debat. Jadwal itu dari tanggal dan jam tayangnya. Walaupun di televisi sudah, tapi kita juga menyiarkan live streaming lewat media kpu masing-masing,” tuturnya.

Mengenai materi debat, kata Mashudi sudah disiapkan oleh tim penyusun dengan menyesuaikan 7 materi yang telah ditetapkan dan disampaikan ke paslon. Salah satunya terkait penyelesaian Covid-19.

“Jadu isu tentang penyelesaian Covid-19 itu Cross Cutting Isue. Jadi isu itu masuk kemana saja. Bisa masuk ke ekonomi, bisa masuk ke pendidikan dan kesehatan. Bagiamana menyampaikannya itu, biasanya isu itu diserahkan ke panelis tentu dengan pengawasan KPU masing-masing sebagai penanggung jawab,” ujarnya.

Baca juga  Pemkot Serang Gelontorkan Rp 2,9 Miliar Bangun Kantor Kecamatan Kasemen

Diketahui, ada 4 kota/kabupaten di Provinsi Banten yang melaksanakan pilkada yakni Pilkada Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Pandeglang.

Rencananya debat publik Pilkada Kabupaten Serang akan diselenggarakan 3 kali. Sesi pertama akan digelar pada 18 November 2020 di Inews TV. Sesi kedua tanggal 25 November di Jawapos Tv dan ketiga pada 2 Desember di Kompas TV

Untuk debat publik Pilkada Cilegon akan digelar 2 kali. Sesi pertama pada 21 November 2020 di Inews Tv dan terakhir pada 28 November di Metro TV.

Kemudian debat publik Pilkada Pandeglang akan digelar dua kali. Pertama pada 23 November di Kompas TV dan kedua pada 4 Desember di Metro TV.

Sementara debat publik Pilkada Kota Tangerang Selatan akan digelar dua kali. Pertama pada 22 November di Kompas TV dan terakhir pada 3 Desember di Metro TV. (Ronald/Red)