KPU Cilegon menggelar sosialisasi peraturan baru pilkada 2020 saat di salah satu rumah makan di Kota Cilegon, Senin (16/12/2019). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon terus melakukan sosialisasi tahapan Pilkada 2020. Sosialisasi yang dilakukan saat ini menyangkut dua peraturan baru yaitu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 16 Tahun 2019 dan PKPU Nomor 18 Tahun 2019.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 16 Tahun 2019 merupakan perubahan atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan/atau walikota dan wakil walikota tahun 2020.

Sementara PKPU Nomor 18 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau Walikota dan wakil walikota.

Baca juga  Diduga Rem Blong, Truk Pengangkut Cairan Kimia Terguling di SPBU Grogol

Ketua KPU Cilegon Irfan Alfi mengatakan, sosialiasi ini penting dilaksanakan untuk memberi pemahaman mekanisme baru untuk kandidat bakal calon kepala daerah baik jalur perseorangan maupun partai politik (parpol).

“Sehingga ini penting untuk kita sampaikan kepada stakeholder kita, baik partai politik, pemilih, termasuk stakeholder pendukung lainnya. Kita harapkan output dari pada kegiatan ini, ada pemahaman dari mereka terkait perubahan di beberapa item pasal tersebut,” kata Irfan kepada Selatsunda.com usai sosialiasi di salah satu hotel di Kota Cilegon, Senin (16/12/2019).

Ia menerangkan, PKPU baru ini tidak begitu  banyak perubahan namun ada pasal yang berubah. Pada PKPU sebelumnya, dituliskan jika para peserta bacalon untuk jalur perseorangan harus menyerahkan syarat dukungan pada 11 Desember hingga 5 Maret 2020 mendatang. Namun, dengan adanya perubahan PKPU nomor 16 tahun 2020 ditetapkan pada 19-23 Febuari 2020 mendatang. Sementara untuk peserta bacalon dari jalur parpol dapat menyerahkan pendaftaran pada 16-18 Juni 2020 mendatang.

Baca juga  Tak Serahkan PSU, Pengembang Perumahan di Kota Serang Terancam Sanksi Pidana

“Inilah makannya kami sosialisasikan kepada para bacalon perseorangan dan jalur partai terhadap tahapan yang terhadap dalam PKPU baru ini,” ujarnya. (Ully/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini