Warga berenang di obyek wisata pantai yang ada di Anyer, Kabupaten Serang. (Foto Ilustrasi)

SERANG, SSC – Pengunjung lokasi wisata pantai mulai dari Anyer, Kabupaten Serang hingga ke Carita di Pandeglang diperkirakan akan meningkat mengingat momentum Hari Lebaran akan digunakan untuk menghabiskan libur panjang bersama keluarga. Akan tetapi, guna mengantisipasi lonjakan pengunjung, Polda Banten akan menerapkan pembatasan untuk warga lokal Banten. Di luar itu, wisatawan diminta untuk mengurungkan niat berwisata.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pos penyekatan yang berada di Simpang JLS (Jalur Lingkar Selatan) untuk memeriksa pengunjung yang hendak ke Pantai Anyer, Carita dan sekitarnya.

“Berdasarkan hasil upacara yang dipimpin oleh Pak Wakapolda (Brigjend Pol Ery Nursatari) tadi pagi, kami akan membuka pos penyekatan yang berada di simpang JLS ini. Pos penyekatan ini akan memeriksa indentitas para wisatawan yang hendak ke Anyer dan Carita. Nanti petugas melihat identitas mereka (para wisatawan). Apabila mereka warga Banten diizinkan ke Anyer dan Carita. Sedangkan diluar Banten kami akan putarbalikan,” kata Kapolres saat dihubungi Selatsunda.com melalui sambungan telepon, Jumat (14/5/2021).

Baca juga  200 Balita di Merak Alami Gizi Buruk

Ia menambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pengelola tempat wisata meminta tidak bosan-bosan untuk mengingatkan para wisatawan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Hanya lokal saja, kalau dari luar Banten tidak boleh, tahun ini dihindari berwisata, hanya lokal saja. Bagi warga luar Banten lebih baik mengurungkan niat datang ke pantai,” tambah Kapolres.

Kata Kapolres, Pemprov Banten melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten akan menyiapkan 200 rapid test secara gratis untuk para wisatawan yang akan berwisata di Anyer dan Carita.

“Rapid test gratis kita tempatkan di Mercusuar Anyer. Bagi para wisatawan yang hendak ke Anyer bisa melakukan ini,” pungkasnya. (Ully/Red)