Suasana kapal saat sandar dan labuh di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – PT ASDP Cabang Merak memprediksi jumlah penumpang yang akan menyeberang di Pelabuhan Merak saat libur Hari Natal dan Tahun Baru pada 2019 akan meningkat 4 persen dibanding momentum yang sama pada tahun lalu.

“Saat ini kita prediksi ada kenaikan 4 persen jika dibandingkan momentum sama dengan tahun lalu. Kemungkinan fix-nya nanti, Ditjen Darat akan kesini (Pelabuhan Merak) untuk mensosialisasikan perencanaan Nataru,” ujar General Manajer PT ASDP Cabang Merak, Solikin dikonfirmasi, Sabtu (30/11/2019).

Solikin menyatakan, seluruh persiapan menghadapi angkutan Nataru sudah dilakukan mulai penyediaan infrastruktur, SDM dan lain sebagainya. Namun kata dia, pelayanan angkutan Nataru saat ini sedikit berbeda dengan angkutan Lebaran sebelumnya karena ada penyediaan fasilitas baru.

Fasilitas itu berupa Vending Machine yang fungsinya untuk memudahkan pelayanan kepada penumpang bisa langsung membeli tiket elektronik (e-ticketing). Fasilitas juga disediakan untuk mengantisipasi lonjakan antrean penumpang.

“Termasuk sistem e-ticketingnya. Makanya yang membedakan angkutan Lebaran dan Nataru ini, kita sudah punya vending machine. Orang (penumpang) bisa ambil tiket sendiri, Ini akan mempemudah pelayanan,” paparnya.

Masih kata Solikin, mesin pembelian tiket itu akan disediakan ASDP di sejumlah area di pelabuhan. Sebanyak 12 unit mesin akan ditempatkan di area dermaga reguler dan 7 unit di dermaga premium (eksekutif).

“Total loket ada 19 unit di eksekutif. 7 unit pelayanan sendiri dengan vending machine dan pelayanan reguler ada tambahan 12 unit dari total loket yang ada. Untuk kendaraan, kita tambahkan loket di kajima. 7 loket disitu kita aktifkan,” paparnya.

Mengenai penyediaan dermaga juga sudah disiapkan. Dermaga akan dioperasikan sebanyak 6 dari 7 dermaga yang ada di Pelabuhan Merak.

“Ada 6 dermaga yang kita fungsikan karena dermaga 4 sedang dalam perbaikan. Untuk dermaga 4 mudah-mudahan sudah bisa dioperasikan di Lebaran tahun depan,” harapnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here