CILEGON, SSC – Makanan yang mengadung bahan berbahaya ditemukan di Pasar Blok F, Kota Cilegon. Makanan berbahaya ini ditemukan setelah Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Serang dan Dinas Kesehatan Cilegon memeriksa sejumlah sampel makanan yang diperdagangkan di pasar itu.

Dari hasil pemeriksaan, petugas mendapati makanan seperti mie, bakso, terasi, pacar cina dan cendol merah mengandung rhodamin B dan bahan pengawet.

“Yang jelas dari hasil pemeriksaan yang dilakukan BPOM bersama Dinkes Cilegon memang ditemukan makanan yang mengandung zat berbahaya serta bahan pengawet lainnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon, Arriadna dikonfirmasi, Jumat (10/5/2019).

Arriadna menjelaskan, makanan berbahan formalin ini sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Terutama bagi anak-anak, kata dia, bisa menghambat proses pertumbuhan.

Sedangkan konsumsi makanan mengandung rhodamin B bisa mengakibatkan gangguan konsentrasi, sulit tidur, hyperaktif dan iritasi saluran pencernaan, gangguan fungsi hati atau kanker hati.

Arriadna mengimbau, agar pada pedagang dapat lebih memperhatikan kualitas makanan yang hendak diperdagangkan kepada masyarakat. Sehingga makanan tersebut dapat layak untuk di konsumsi. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here