GM ASDP Merak, Solikin diwawancara saat di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (10/5/2019). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – PT ASDP memprediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak akan terjadi selama tiga hari yakni dari lima hari (H-5) hingga empat hari (H-4) sebelum Hari Lebaran 2019. Hal ini disampaikan oleh General Manager PT ASDP Cabang Merak, Solikin saat di temui di Kantor ASDP Merak, Kota Cilegon, Jumat (10/5/2019).

Solikin menerangkan, puncak arus mudik yang terpecah pada2 hari ini terjadi pada Sabtu (1/6/2019) dan Minggu (2/6/2019). Dua hari ini diprediksi karena banyak pemudik terutama buruh yang bekerja di area Tangerang hingga Kabupaten Serang sekitarnya menunggu saat pemberian THR dan Gaji ke-13.

“Terjadi H-5 dan H-4, prediksi kami puncaknya terjadi di dua hari ini. Kitaharapkan roda dua bisa diatur. Mungkin, habis setelah dapat THR, serentak semuanya ya,” ujarnya.

Solikin menjelaskan, untuk mrngantisipasi penumpukan kendaraan saat puncak mudik beberapa strategi telah disiapkan salah satunya menyediakan Dermaga 7 khusus untuk menampung pemudik motor.

“Kita akan mengoperaiskan dermaga 7 ini nanti saat peak season khusus untuk roda dua,” terangnya.

Dengan daya tampung 13 ribu kendaraan motor, pihaknya yakin penumpukan kendaraan dapat diantisipasi. Bila dibanding tahun lalu di Dermaga 6, pemudik motor hanya bisa ditampung dengan kapasitas maksimal 7 ribu.

“Tahun lalu (puncak arus mudik untuk pemudik) roda dua di dermaga 6 itu kapasitas maksimum hanya 7 ribu, sekarang di dermaga 7 sampai 13 ribu. Artinya ada selisih 5 ribu,” paparnya.

Selain antisipasi lonjakan pemudik, pihaknya juga menyiapkan 7 dermaga di Pelabuhan Merak dengan pengoperasian kapal hingga 65 kapal.

“Jadi kapasitas saat peak (puncak) season, untuk kapasitas kendaraan roda empat di satu kapal bisa 200 sampai 350 unit. Kalau roda dua sampai 1.800 unit,” pungkasnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?