Kendaraan mengantre di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Kamis (30/5/2019. Foto Elfrida Ully /Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Memasuki musim panas, Badan Meteorolgi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada para pemudik mewaspadai cuaca panas di arus mudik ini. Udara kering yang disebabkan oleh suhu panas dapat menjadi penyebab dehidrasi bagi pemudik.

Kepala BMKG Banten Dwikorita Karnawati mengatakan, saat ini suhu panas telah mencapai 35 derajat celcius dan kemungkinan akan mencapai 36 derajat celcius. Suhu ini akan berakibat bahaya dehidrasi kepada para pemudik.

“Jadi Pemudik diimbau waspada potensi dehidrasi karena ini panas sekali,” kata Dwikora saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (30/5/2019).

Dengan kondisi ini, Dwikorita menghimbau kepada seluruh pemudik yang menggunakan jalur darat dan laut untuk lebih waspada dan berhati-hati terhadap iklim saat ini.

“Untuk menghindari kondisi panas terik ini, saya menghimbau kepada para pemudi untuk memanfaatkan rest-rest area yang disediakan
di jalan tol, agar tidak membuang puntung rokok sembarangan,” imbaunya.

Untuk mengetahui kondisi cuaca, ia meminta kepada masyarakat untuk menginstall aplikasi BMKG di gawai para pemudik agar terus memperoleh informasi cuaca yang selalu diperbaharui.

“Bisa diinstall aplikasi BMKG yang bisa diakses melalui smartphone, supaya info cuaca bisa didapatkan terus,” pungkasnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?