DPC Gapasdap Merak menggelar rapid test di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (14/8/2020). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Dalam memperingati HUT ke-75 RI, DPC Gapasdap Merak melaksanakan rapid test di Pelabuhan Merak. Asosiasi yang menaungi puluhan operator kapal di Pelabuhan Merak ini menggelar rapid test untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pelaksanaan rapid test dijadwalkan melibatkan 150 peserta. Dalam pantauan selatsunda.com di Kantor Gapasdap Merak, Kota Cilegon baik kepala cabang hingga staf antusias mengikuti test, Jumat (14/8/2020).

Wakil Ketua DPP Gapasdap, Sonnie Mathovani mengatakan, pihaknya jauh sebelumnya telah merencanakan rapid test tersebut. Setelah beberapa bulan sebelumnya juga melaksanakan test yang sama. Test tidak hanya digelar di Pelabuhan Merak tetapi akan juga dilaksanakan di Pelabuhan Bakauheni.

Ia menyatakan, rapid test selain merupakan rangkaian kegiatan Gapasdap memperingati HUT Ke-75 RI juga sebagai bentuk upaya operator kapal memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Seluruh operator kapal setuju mendukung upaya tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Pelabuhan Merak.

Baca juga  Pasien Corona Meningkat, Pemkab Serang Distribusian Ribuan APD ke 29 Kecamatan dan 31 Puskesmas

“Bersamaan dengan HUT RI ini, alhamdulillah rapid test ini bisa terlaksana. Jadi semua dari pihak kapal ikut rapid test. Seluruh anggota gapasdap mulai di perusahaan, kru, perwira hingga ABK,” ungkapnya.

Ia menyatakan, pelaksanaan rapid test yang melibatkan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten ini diharapkan bisa menjadi langkah bersama mencegah Covid-19. Pihaknya selain rapid test di internal operator juga menerapkan protokol kesehatan diatas kapal yang di instruksikan pemerintah. Baik penyediaan handsanitizer, wastafel portable dan lainnya. Langkah antisipatif lainnya, penumpang saat naik kapal juga di cek suhu tubuhnya.

“Itu semua kita lalukan protokol kesehatan. Penumpang saat naik dan turun kapal, dicek suhu tubuhnya. Kita harapkan upaya ini bisa sama-sama kita lalukan untuk mencegah covid-19 di Pelabuhan Merak,” pungkasnya.

Baca juga  Pasien Corona Meningkat, Pemkab Serang Distribusian Ribuan APD ke 29 Kecamatan dan 31 Puskesmas

Sementara itu, Dokter Muda pada KKP Banten, Bernard Tambunan mengapresiasi Gapasdap melakukan rapid test. Ia tidak mengira antusias pada rapid test kali ini tinggi.

“Semula kita mengira hanya 70-an orang, tetapi kita sediakan 150 alat. Ternyata baru sampai siang, sudah 88 orang yang ikut rapid test. Kita tidak mengira antusiasnya tinggi,” paparnya.

Ia menyatakan, hasil pemeriksaan rapid test terhadap 88 orang kru operator kapal hingga siang tadi seluruhnya dinyatakan negatif. Dengan hasil ini, harap dia, pelayanan diberikan kepada pengguna jasa bisa optimal.

“Karena kita tahu, sebagai operator kapal kan harus prima kesehatannya. Dengan begitu pelayanannya juga menjadi maksimal,” pungkasnya. (Ronald/Red)