CILEGON, SSC – Tugas dan tanggungjawab Panitia Pendaftar Pemilih (Pantarlih) dalam pemutakhiran data atau Coklit Pemilihan Umum secara serentak memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan hasil data pemilih bagi partai politik peserta pemilu 2019. Untuk itu, partalih dituntut agar tidak bekerja secara asal – asalan.

Ketua Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Cilegon, Fatullah Hasyim mengatakan, tugas Pantarlih memiliki peran yang sangat krusial dalam pemutahiran data pemilih yang akan diselenggarakan dari 17 april hingga 17 mei mendatang. Hal itu penting karena pantarlih harus dapat melakukan tugas pemutahiran data secara akurat pada pemilu yang diselenggarakan ditatanan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW).

“Tugas yang akan dilakukan oleh 1200 pantarlih ini nanti akan mendata di setiap RT dan RW di mana mereka akan ditugaskan,” Kata Fatullah kepada wartawan usai memimpin kegiatan apel bersama penyelenggara pemilu tahun 2019 dalam rangka coklit serentak di lapangan Kejari Cilegon, Selasa (17/4/2018) pagi.

Berbagai tugas yang sangat penting untuk dilaksanakan, sambung Fatullah, Pantarlih harus dapat menjalankan tugasnya sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018. Pantarlih ditugaskan untuk mencocokan dan meneliti data secara akurat. Mereka, sambungnya, juga harus mendata pemilih yang belum terdaftar pada DP4. Selain itu, pantarlih juga memiliki hak untuk mencoret daftar terpilih yang tidak sesuai dengan fakta dilapangan, meninggal dunia, pindah alamat dan sudah tidak diketahui lagi alamatnya. Begitupun, mereka juga bertugas memperbaiki data yang ada di DP4 sesuai dengan data yang ada dilapangan dan masyarakat.

“Para petugas yang sudah bergabung di KPU ini, harus bisa mematuhi aturan yang sudah tertuang dalam Undang-Undang Pemilu Tahun 2017. Bulanan tidak mematuhi aturan Perundang-Undangan Pemilu ini, petugas akan dikenakan sanksi tegas dari KPU,” Paparnya.

Sementara itu, Ketua DPC Demokrat Kota Cilegon, Rahmatullah mengungkapkan, pihaknya meminta agar pantarlih dapat bekerja sesuai dengan yang diamanatkan dalam peraturan yang berlaku. Kepada pantarlih, minta Rahmatullah, tidak bekerja secara asal – asalan dan sembarangan agar hasil yang diharapkan setiap peserta partai politik yang terlibat dalam pemilu dapat sesuai dengan yang dikomitmenkan. Untuk memastikan hasil pemutahiran data, pihaknya akan mengawasi kinerja di tingkat RT dan RW se-Kota Cilegon.
“Kami (Demokrat,red) ,terutama dari  Demokrat ikut memantau dan mengawasi kinerja pantarlih,karena pendataan ini tidak boleh asal-asalan atau sembarangan,karena ini menyangkut hak pilih masyarakat. Sebab, satu suara hilang maka yang dirugikan adalah partai tersebut, ” Tegasnya (Ully/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here