Sejumlah warga memadati Pasar Kranggot, Kota Cilegon. Foto Dokumentasi Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon berencana merevitalisasi Pasar Kranggot dengan mengandeng pihak swasta. Salah satu pihak ketiga yang menyatakan siap merevitalisasi Pasar Kranggot, yakni, PT Urban Jakarta Komersial anak perusahaan Urban Jakarta Propertindo (URBN).

Hal ini terungkap saat URBN melakukan ekspos di Kantor Walikota Cilegon yang turut dihadiri Walikota Cilegon, Helldy Agustian, Sekretaris Daerah (Sekda), Maman Mauludin, Kamis (21/4/2022).

Kepala Disperindag Kota Cilegon, Syafrudin mengatakan, pola kerja sama yang dijalin kedua pihak mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 47 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pembukuan, Inventarisasi, dan Barang Milik Daerah (BMD).

“Jadi pihak ketiga inilah yang nantinya kita (Pemkot Cilegon) akan kerjasamakan dalam menfaatkan BMD salah satunya Pasar Kranggot. Jadi hari ini, Kamis (21/4/2022) PT Urban Jakarta Komersial yang akan mengelola pemanfaatan Pasar Kranggot ini,” kata Syafrudin kepada awak media usai rapat.

Baca juga  Rotasi Mutasi ASN Lanjutan di Cilegon telah Digelar, Ini Respon Ketua DPRD Isro

Ia menambahkan, kerja sama revitalisasi dimaksudkan dengan tujuan agar Pasar Kranggot bisa tertata dengan rapi.

“Alhamdullilah ini udah ada badan usaha sebagai pemerkasaya untuk merevitalisasi Pasar Kranggot. Mudah-mudahan dengan kerjasama ini, kondisi di Pasar Kranggot bisa lebih bersih dan rapih. Doakan saja itu bisa segera terwujud,” tambahnya.

Mantan Staf Ahli Walikota menjelaskan, selain revitalisasi, kerja sama juga dilakukan untuk menata kelola kios pasar demi mengoptimalkan pendapatan daerah.

“Itu rencana akan dirapikan, ada 5 ribu sampai 6 ribu kios tersedia, jadi semua pedagang kita yang ada di Kota Cilegon itu ada sekitar 2.400 jadi space yang tersedia akan dibangun nanti jadi tidak ada pedagang yang berjualan di jalan nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Urban Jakarta Komersial, Hendri Gunawan menjelaskan, pihaknya memastikan kerja sama yang akan dibangun sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Dari situ nanti kita kaji lagi, yang penting adalah terwujudnya pasar baru cilegon atau Pasar Kranggot ini jadi lebih baik lagi, itu cita-cita dari pemerintah daerah,” ujarnya.

Baca juga  Puskesmas Cilegon Jalani Tahap Penilaian Lomba FKTP Tingkat Provinsi Banten 2022

Gunawan menjelaskan, saat ini pihaknya baru menawarkan konsep dasar yang akan diterapkan Pasar Kranggot ke Pemkot Cilegon.

“Sekarang baru konsep yang kami tawarkan. Bagaiaman konsep yang kami tawarkan ini agar Pasar Kranggot menjadi pasar yang bersih dan pasar tradisonal yang hijau (green building) dengan dipoles dengan suasana yang modern sehingga anak-anak muda mau datang ke Pasar Kranggot,” jelas Gunawan.

Gunawan mengklaim pihaknya juga telah merevitalisasi beberapa pasar, diantaranya, Pasar Baru Bekasi, Pasar Kosambi Bandung.

“Jika kami nanti resmi ditunjuk oleh Pemkot Cilegon untuk meravitalisasi Pasar Kranggot, hal yang akan kita lakukan dengan menata para pedagang yang berjualan diluar kios dan auning untuk menempati kios yang sudah disediakan,” pungkasnya. (Ully/Red)