SERANG, SSC – Pemprov Banten melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) saat ini tengah mempersiapkan keperluan dalam menghadapi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Online 2018 ini. Salah satu yang tengah dilakukan dengan mempersiapkan perangkat mutakhir yang menunjang PPDB online baik penyediaan hardware, jaringan, server maupun bandwith.

Persiapan itu dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada calon pelamar saat mendaftar sekolah yang diinginkan. Perangkat itupun nantinya disiapkan untuk mengantisipasi persoalan yang akan dihadapi saat pelaksanaan PPDB diselenggarakan pada calon peserta didik.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada DKISP Provinsi Banten Rosmawati mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan kebutuhan yang akan diperlukan saat penyelenggaran PPDB Online tersebut.

“Saat ini kita tengah mempersiapkan kebutuhan yang akan dibutuhkan. Selain masalah insfrastruktur, kita juga tengah mempersiapkan juga tenaga ahli bidang Tik dan Moratelindo selaku Internet Service Provider, maupun unsur instansi terkait,” Rosmawati, Rabu (18/4/2018)

Sejumlah perangkat yang akan disiapkan sebelum pelaksanaan PPDB Online 2018, kata Rosmawati, mulai dari penyediaan server, peyimpanan data center di dua tempat baik di data center Diskominfo SP dan CyberDC Jakarta serta fasilitas akses bandwith.

Setelah perangkat terpenuhi, sambung Rosmawati, pihaknya juga akan terlebih dahulu melakukan uji coba terhadap kemampuan kapasitas server dan infrastruktur yang dimiliki DKISP dengan menggunakan Aplikasi PPDB Online 2017. Hal itu dilakukan untuk memastikan perangkat atau infrastruktur sebelum pelaksanaan PPDB diselenggarakan.

“Belajar dari pelaksanaan PPDB online sebelumnya, terjadi permasalahan teknis dalam penyelenggaraan PPDB secara Online, kami berharap PPDB Online dalam sisi software dan hardware atau infrastruktur tahun 2018 bisa lebih matang dalam perencanaan dan pelaksanaannya,” ungkapnya.

Dijelaskan Rosmawati, Insfrastruktur dan aplikasi merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan dan terintegrasi. Perangkat atau Infrastuktur yang besar tidak akan maksimal jika aplikasinya tidak dapat memaksimalkan hardware yang tersedia. Begitupun sebaliknya, sebaik apapun aplikasi apabila tanpa didukung hardware atau infrastruktur yang baik tidak dapat berjalan maksimal.

“Integrasi PPDB online antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian merupakan contoh sinergitas lintas OPD dalam melaksanakan pembangunan Provinsi Banten,” lanjutnya.

Ia berharap, penyelenggaraan PPDB Online 2018 ini dapat berjalan dengan lancar serta seluruh aplikasi atau sistem informasi yang dikembangkan oleh OPD dapat berintegrasi dan bersinergi dengan Dinas Komunikasi informatika Statistik dan Persandian. Supaya pelaksanaan dan penerapan E-Government di Provinsi Banten dapat terwujud secara optimal. (Ully/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here