CILEGON, SSC – Otoritas Pelabuhan di Banten mulai membahas pola penyandaran kapal ketika Dermaga VI dan Dermaga VII, Pelabuhan Merak, Cilegon dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung dioperasikan. Pola yang menjadi prioritas untuk dibahas itu terkait penyandaran kapal di Dermaga Premium atau Eksekutif.

Manajer Usaha Pelabuhan PT. ASDP Cabang Merak, Rudy Mahmudi membenarkan jika rencana pola penyandaran kapal sempat dibahas oleh pihaknya dengan otoritas pelabuhan lain yang ada di Banten, pekan lalu. Rapat dipimpin langsung oleh Direktur Usaha Penyeberangan, Lamane dan didampingi Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat Wilayah VIII Provinsi Banten,  Johnny Siagian dan GM ASDP Merak,  Fahmi Alweni.  Dalam rapat itu, kata Rudy, pembahasan difokuskan terkait pola  penyandaran kapal ketika Dermaga VI, Pelabuhan Merak dan Dermaga VII, Pelabuhan Bakauheni yang akan dijadikan dermaga premium, dioperasikan.

“jadi rapat kemarin itu, dipimpin langsung oleh pak Lamane. Yang dibahas dalam rapat itu salah satunya tentang pola penyandaran kapal di dermaga premium, baik di Dermaga VI Merak dan Dermaga VII Bakauheni. Dermaga VI merak berpasangan dengan dermaga VII Bakau,” Ungkapnya, Kamis (19/04/2018).

Pembahasan penyandaran kapal di dermaga premium, papar Rudy, difokuskan untuk dibahas karena pemberlakuan penyandaran kapal berbeda dengan pola sandar kapal di dermaga lain.
“prinsipnya, penyandaran kapal di dermaga lain tidak menganggu dengan kapal yang sandar di dermaga premium. Karena dermaga premium ini kan berbeda, eksekutif. Pelayanan kapal yang diberikan juga berbeda dengan kapal lain,” Tandasnya.

Sejauh ini jika dua dermaga premium itu dioperasikan sebagai tambahan dari jumlah dermaga yang ada, sambungnya, kapal yang disediakan sebanyak 42 armada. Khusus dermaga premium akan disediakan fasilitas kapal cepat untuk mempersingkat jarak tempuh perjalanan.

“nanti kalau 7 dermaga seluruhnya beroperasi, diprediksi ada 42 kapal yang disiapkan. Untuk kapal di dermaga premium, sifatnya lebih cepat, ” Terangnya.

Disinggung soal kapal dua dermaga premium itu selesai dibangun dan dioperasikan, Rudy belum dapat membahas lebih jauh. Kewenangan itu berada di Kantor Pusat.

“saat ini, pembangunan dermaga premium di merak sedan diselesaikan. Tinggal kapan akan dioperasikan, itu kewenangan kantor pusat,” Urainya. (NAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here