Foto Ilustrasi PAD (Sumber internet)

CILEGON, SSC – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon mulai memplototi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon. Pasalnya, hingga saat ini target Pendapatan Asli Daerah (PAD) belum optimal dan sesuai dengan yang diharapkan.

Sekretaris Komisi III DPRD Kota Cilegon Nurrotul Uyun mengaku, selama tiga hari mulai dari Senin (11/11/2018) hingga Rabu (13/11/2018), Badan Anggaran berserta dengan seluruh OPD, Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi beserta Sekretaris Daerah, Sari Suryati melakukan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 di Jakarta. Dalam rapat ini, DPRD khususnya di Komisi III mempertanyakan realisasi pendapatan dari masing-masing OPD itu.

“Dalam rapat akan kita (DPRD) pertanyakan potensi pendapatan yang kira-kira bisa mereka (OPD) dapatkan. Karena, dari tahun ke tahun, yang paling disorot enggak jauh-jauh dari masalah pendapatan,” kata Uyun dikonfirmasi, Selasa (13/11/2018).

Pihaknya juga sempat mempertanyakan realisasi pendapatan dari pemasangan Tapping Boks sebanyak 56 unit di masing-masing hotel maupun rumah makan. Menurutnya, jumlah itu jauh lebih sedikit dari target tapping boks yang akan dipasang sebanyak 100 unit.

“Hingga pertenggahan tahun ini baru 56 tapping boks yang baru terpasang. Sementara target yang harus 100 pasang. Oleh karena itu, kita akan dorong segera mungkin agar potensi pajak bisa lebih maksimal khususnya untuk APBD 2019 mendatang,” ucap Uyun.

Selain itu, politisi Partai Keadilan Sejahtera ini pun mendorong agar rencana perluasan pabrik PT Lotte Chemical seluas 100 hektar bisa lebih dipercepat. Hal itu perlu dilakukan untuk mendongkrak pendapatan khususnya Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB). Begitu juga terkait izin parkir di CCM (Cilegon Central Mal) yang pengenaannya hingga saat ini gratis. Menurutnya, pemerintah dapat menggali potensi tersebut untuk meningkatkan PAD.

“Tentu saja dua potensi ini akan mampu menaikan PAD Cilegon secara maksimal,” pungkasnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?