CILEGON, SSC – Perbaikan Jalan Lingkar Selatan (JLS) yang sebelumnya sempat ambrol karena banjir, terancam tak rampung 100 persen. Patungan dana dari puluhan industri di Kota Cilegon itu hanya terkumpul Rp730 juta untuk menyokong perbaikan jalan itu padahal yang ditargetkan Rp2,5 miliar. Belum rampungnya itu juga disebabkan oleh lamanya bantuan besi dari PT KS (Krakatau Steel) yang sampai saat ini tidak kunjung diberikan untuk membantu perbaikan itu.

“Oh tidak di bulan ini perbaikanya. Tapi, di Agustus mendatang. Soalnya anggaran yang baru terkumpul saat ini saja baru Rp730 juta dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp2,5 miliar,” ungkap Kepala Dinas PUTR Kota Cilegon, Nana Sulaksana usai pertemuan tertutup di ruang pertemuan Walikota yang dipimpin langsung Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi dan turut dihadiro pejabat lain serta para perwakilan industri, Jumat (13/7/2018).

Saat ini, sambung Nana, Perbaikan yang belum rampung itu meliputi pembuatan pondasi, tembok penahan tanah (TPT) setinggi 11 meter, beton jalan, dan median jalan. Diperkirakan keseluruhan pekerjaan itu memakan waktu 2 bulan.

“Pondasi serta TPT perlu dibangun karena kontur tanah itu dinilai gembur, sehingga perlu ada penahan,” terangnya.

Soal partisipasi yang terkumpul, Nana menyesalkan, jika banyak dari partisipasi industri memberikan partisipasi diluar dari ekspektasi. Kebanyakan malah memberikan bantuan barang untuk perbaikan JLS itu.

“Kebanyakan dalam bentuk material bukan dalam bentuk uang. Kondisi inilah yang membuat perencanaan perbaikan molor dari rencana yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Terpisah, koordinator perbaikan JLS Hander Jhoni mengaku, partisipasi bantuan tunai industri terkumpul sebesar Rp730 juta. Anggaran itu dianggap cukup jika ditambah dengan partisipasi bersifat bahan atau material.

“Amanlah anggaran yang ada sekarang. “Kalo anggarannya Rp 2,5 miliar, logikanya cukup 1/3 anggaran objek, cukup dong,” ujar Jhoni.

Jhoni berharap perbaikan JLS dapat mulai kembali dikerjakan mulai 1 Agustus mendatang. Sehingga jalan benar-benar bisa dilalui oleh masyarakat. (Ully)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here