Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono melakukan simulasi terkait pendaftaran bacalon (bakal calon) kada (kepala daerah) di KPU Cilegon, Kamis (3/9/2020). Foto Dokumentasi Polres Cilegon

CILEGON, SSC – Jelang pendaftaran Pilkada Cilegon pada Jumat (4/9/2020), Polres Cilegon telah mempersiapkan personel pengamanan. Ratusan personel akan disiagakan mengamankan proses pendaftaran di KPU Cilegon.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan, dalam rangka persiapan pengamanan pendaftaran bacalon kepala daerah ke KPU Cilegon, pihaknya menyiapkan 100 personel. Untuk mematangkan pengamanan, polres juga telah menggelar simulasi.

“Barusan kami, baik Polres Cilegon, Bawaslu dan KPU telah menggelar simulasi pendaftaran bacalon. Untuk besok, kami akan menyiapkan ratusan personel untuk mengamankan pendaftaran yang akan digelar selama 3 hari. Tujuannya kita agar berjalan tertib kondusif dan sehat,” ungkap Kapolres saat dihubungi melalui telepon, Kamis (3/9/2020).

Masih kata Kapolres, seluruh bacalon yang akan mendaftar akan dikawal oleh personel polisi hingga tiba di kantor KPU.

Baca juga  APBD Tahun 2021 Kota Serang Defisit 75 Miliar

“Nanti personel dari kami akan mengamankan mulai dari titik keberangkatan calon hingga ke Kantor KPU. Kami lakukan ini, agar pendaftaran aman dan nyaman. Dan kami pun menghimbau kepada para calon dan simpatisan bacalon untuk tetap mematuhi protokol ksehatan menjaga situasi agar tetap aman dan nyaman. Selain itu, kami juga mengimbau kepada pasangan calon untuk tetap fair (adil),” ujar Sigit.

Sigit menjabarkan, kurang lebih 12 orang yang mendampingi bacalon diperbolehkan untuk masuk ke dalam kantor KPU. Sedangkan diluar 12 orang yang tidak masuk ke dalam KPU. Agar pendukung bacalon dapat melihat jalannya proses pendaftaran, KPU menyediakan video tron.

“Meskipun di tempatkan video tron, para penggiring bacalon harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Sedangkan untuk di sepanjang jalan juga akan ada pengawalan ketat yang akan dilakukan oleh Satlantas Polres Cilegon dan Tim Jawara Polres Cilegon. Saya berharap, saat pendaftaran calon tidak ada hal-hal yang tidak dinginkan,” papar Sigit.

Baca juga  Ditanya Rekom KASN Soal Sekda, Walikota Serang Malah Curhat Sering Ditelepon Orang

Ia mengatakan, pendaftaran bacalon kada berdasarkan data yang dimiliki KPU Kota Cilegon akan dilangsungkan pada Jumat (4/9/2020) dan Sabtu (5/9/2020). Pelaksanaan dua hari ini dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sedangkan untuk Minggu (7/9/2020) akan dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

“Saya berharap tidak ada bentrokan jam dan waktu antara bacalon satu dengan bacalon lainya,” pungkas Sigit. (Ully/Red)