SERANG, SSC – Puluhan warga Kampung Pasir Gadung, Desa Sangiang, Kabupaten Serang mengalami keracunan makanan, Rabu (19/6/2019). Diduga warga keracunan akibat mengkonsumsi ikan pindang yang dijual oleh salah satu pedagang ikan keliling.

Informasi yang berhasil dihimpun Selatsunda.com, kejadian ini terjadi sejak Selasa (18/6/2019). Pada siang tadi sekitar pukul 14.00 WIB, warga berbondong-bodong mendatangi Puskesmas Mancak.

Kepala Desa Sangiang, Kabupaten Serang, Asep Saepul Rohman mengungkapkan, korban diketahui keracunan makanan saat beramai-ramai mendatangi puskesmas. Mereka mengalami keluhan mual, pusing dan diare setelah mengkonsumsi ikan pindang.

“Masyarakat ada yang estafet datang ke puskesmas dengan keluhan mual, pusing dan diare. setelah dicross chek beberapa orang, ternyata dari tempat yang sama posisinya atau berdekatan setelah itu dilakukan observasi langsung oleh puskesmas kecamatan mancak dan ternyata benar setelah diobservasi benar. Jumlahnya sampai 40 orang dan terus berdatangan, kejadiannya warga yang merasa gejalan dari kemarin, tapi baru terdeteksi hari ini” ujarnya.

Warga terbaring pasca keracunan makanan

Sejauh ini, sebab kejadian tersebut masih ditelusuri. Diduga, banyak warga yang keracunan saat mengkonsumsi ikan pindang yang dibeli dari penjual keliling.

“Belum tahu pasti. karena masih uji lab baik ikan, air beserta makanan pendukung lain.  Setelah ada uji lab baru bisa dikatakan ini dari ikan pindang. Sekarang posisinya masih diduga dari ikan pindang yang mereka beli dari penjual keliling,” tuturnya.

Sementara, Kapolsek Mancak AKP Nasir Eming membenarkan kejadian puluhan warga Kampung Gadung, Desa Sangiang mengalami keracunan. Kasus tersebut masih didalami oleh pihaknya.

“Untuk saat ini, kita masih melakukan penyelidikan apa penyebab terjadinya keracunan yang melanda puluhan warga Pasir Gadung, Desa Sangiang, Kabupaten Serang. Kita pun masih menunggu hasil Lab dari Dinas Kesehatan Kabupaten Serang penyebab terjadinya keracunan makanan ini,” kata Nasir.

Ia mengaku, total korban keracunan diduga mengkonsumsi ikan pindang sebanyak 39 orang. Saat ini, para korban ditangani di beberapa tempat baik di Puskesmas Mancak, Posko darurat dan tempat -tempat lainnya oleh petugas medis.

“Memang tadi sore korban ada 26 orang. Korban terus bertambah sebanyak 39 orang. Para korban ini mengeluhkan diare dan mules usai mengkonsumsi iklan pindang tersebut. Para korban ini sudah mendapatkan ditangani di posko milik Dinas Kesehatan, PMI Kabupaten Serang yang terletak berada di Aula MTS Pasir Gadung Sangiang,” ujarnya. (Ully/Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here