Pumudik motor tengah menunggu untuk masuk ke kapal di dermaga 7, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Sabtu (1/6/2019). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Ribuan pemudik motor mulai memadati Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. Diprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada Sabtu (1/6/2019) dan Minggu (2/6/2019), Esok hari.

Pantauan Selstsunda.com, pada pukul 03.30 WIB subuh telah terjadi kepadatan kendaraan roda dua di Dermaga 7. Sementara, untuk kendaraan roda empat terpantau berkurang.

Manajer Usaha Pelabuhan PT ASDP Merak, Rudi Mahmudi menuturkan, volume pemudik motor pada empat hari sebelum (H-4) Lebaran mengalami peningkatan signifikan. Ia memprediksi, puncak arus mudik akan terjadi hari ini dan esok.

“Kita sih memprediksi puncak mudik terjadi pada hari ini dan besok. Khusus di Dermaga 7. Untuk daya tampung kapal sebanyak 1.500 hingga 2.000 khusus untuk roda dua,” ujar Rudi.

Ia menegaskan, apabila kapasitas kapal di Dermaga 7 tidak dapat menampung pemudik roda dua, ASDP akan membagi kendaraan-kendaraan tersebut ke dermaga I, II, III, IV dan IV.

“Semoga dermaga kita sebar untuk menampung kendaraan roda dua,” pungkasnya.

Sementara, Kapolres Cilegon, AKBP Rizki Agung Prakoso, mengatakan, pada pukul 03.00 WIB subuh dini hari, telah terjadi kepadatan roda dua di Dermaga VII Pelabuhan Merak.

“Pagi ini memang terlihat motor yang banyak paling padat bila dibandingkan dengan kendaraan roda empat. Kemungkinan puncaknya terjadi pada Sabtu (1/6/2019) hingga Minggu (2/6/2019) mendatang,” kata Rizki kepada awak media saat ditemui saat memantau kondisi lalu lintas di Dermaga 7,” ujarnya.

Ia berharap, kondisi kepadatan kendaraan ini bisa terpecah. Artinya, kedatanngan pemudik tidak terkonsentrasi pada satu hari.

“Kita sih berharap bisa dibagi-bagi di hari-hari yang tersisa. Jangan sampai sekarang rame besoknya sepi besoknya rame lagi. Tapi, kita akan lihat lagi perkembangan hari ini. Yang jelas, kita prediksi puncak arus mudik terjadi pada Sabtu dan Minggu ini,” harapnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?