Petugas Dinas Perhubungan Kota Cilegon melakukan pendataan jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Selasa (18/7/2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon melakukan survei dan pendataan terhadap kendaraan yang melintas di Jalan Lingkar Selatan, Kota Cilegon, Selasa (18/7/2023). Pendataan volume kendaraan  dilakukan untuk menyiapkan rancangan teknis lalu lintas dan merencanakan sistem transportasi untuk ke depannya.

Pantauan Selatsunda.com, petugas  melaksanakan pendataan kendaraan di JLS tak jauh dari lokasi lampu merah PCI. Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak pagi tadi. Dalam kegiatan itu petugas mendata kendaraan yang melintas dengan menggunakan alat checker. Di lokasi juga didirikan tenda untuk petugas yang berjaga secara shift atau bergantian.

“Kegiatan hari ini kita melakukan survei lalu lintas harian (LHR) dimana tujuan dari kegiatan ini untuk mendapatkan data atau volume lalu lintas, baik untuk keperluan teknis lalu lintas dan perencanaan transportasi kedepan,” ujar Kepala Seksi Pengawasan Pengemudi dan Uji Kendaraan Bermotor Fatur R Sadely di lokasi.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Fatur menuturkan, dalam kegiatan tersebut seluruh kendaraan yang melintas didata jumlahnya.

“Klasifikasi kendaraan yang di data, semua kendaraan yang melintas di JLS. Baik roda dua, sampai kendaraan roda empat, kendaraan sedang sampai yang kendaraan terbesar. Semua kita data,” paparnya.

Selama ini, diakui Fatur, belum terdapat data  jumlah kendaraan yang akurat melintas di JLS. Maka dengan pendataan ini, sistem transportasi dan teknis lalu lintas kedepannya bisa disiapkan dan dirancang.

“Selama ini kan kita tidak tahu, kendaraan apa saja yang masuk, jumlahnya berapa, jenis kendaraan odol berapa yang melintas. Mulai hari ini kita lakukan survei untuk mengetahui data tersebut,” terangnya.

“Kalau sudah punya data, jadi bisa lebih baik. Kalau kita punya rencana transportasi, itu adalah salah satu faktur pendukung.. Kegiatan nanti yang akan kita laksanakan nanti, baik transportasinya maupun teknis lalu lintasnya, perhitungannya disitu,” sambungnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Diketahui pendataan tersebut melibatkan sebanyak 15 petugas. Di mana dalam menjalankan kegiatan, dilakukan 3 shift. Kegiatan dilakukan selama sepekan kedepan.

“Kita lakukan mulai dari jam 8 pagi sampai jam 8 pagi besok, berlangsung selama 1 minggu,” terangnya. (Ronald/Red)