CILEGON, SSC – Sekretaris Daerah, Sari Suryati sekaligus Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) membantah jika ada pihak yang menyebut tidak dilibatkannya sejumlah anggota Baperjakat dalam proses rotasi dan mutasi ASN yang sebelumnya baru saja ditetapkan. Justru, kata Sekda, anggota Baperjakat selalu dilibatkan setiap rapat pembahasan rotasi dan mutasi.

“Kata siapa tidak dilibatkan? (Rapat Hearing) Tadi ibu sudah cukup banyak menjelaskan. Coba ditanyakan saja ke anggota baperjakatnya. Ada rapat berapa kali, dokumennya ada dan sebagainya,” ujar Sekda kepada media usai rapat dengar pendapat (hearing) dengan Komisi I DPRD Cilegon di ruang serba guna DPRD Cilegon, Senin (17/6/2019).

Sebagai pimpinan Baperjakat, Sari yang dalam rapat didampingi Asda I, Taufiqurohman, Asda II, Beatrie Noviana, Asda III, Dana Sujaksani, Kepala Inspektorat, Epud Saefudin selaku anggota baperjakat dan Kepala BKPP, Mahmudin, tahu persis setiap pembahasan rotasi dan mutasi yang diselenggarakan. Bahkan, seluruhnya sudah sesuai arahan yang disampaikan Walikota Cilegon, Edi Ariadi.

“Saya selaku sebagai baperjakat tahu persis bagaimana pak walikota mengarahkan baperjakat. Di ruang beliau, di ruang muspida, di Jakarta berapa kali,” tuturnya.

Baca : Mahasiswa Cilegon Demo DPRD, Tolak Politisasi Rotasi dan Mutasi Jabatan ASN

Mengenai adanya aksi massa mahasiswa yang menuding ada kepentingan dibalik penetapan rotasi mutasi, hal itu dibantahnya. Rotasi dan mutasi sudah dilakukan secara profesional.

“Kalau ibu insya Allah, nggak ada (kepentingan). Ingin coba profesional san proporsional,” terangnya.

“Mungkin (tudingan) itu biasa, kecewa dan sebagainya. Tapi kita ingin coba proporsional saja,” sambung dia.

Sementara, Ketua Komisi I, Subhi menuturkan, rotasi dan mutasi yang dilakukan beberapa waktu lalu dinilai pihaknya sudah sesuai aturan. Hal itu disampaikan setelah mendapat penjelasan dari Pemkot Cilegon. Bahkan kegaduhan soal tidak dilibatkannya anggota Baperjakat, kata dia, adalah tidak benar adanya.

“Saya kira, Ketua Baperjakat tadi sudah mengklarifikasi bahwa tidak ada anggota baperjakat yang tidak dilibatkan. Artinya mereka dilibatkan,” tuturnya.

Pihaknya berjanji akan melakukan evaluasi segala bentuk kebijakan apapun yang dilakukan Pemkot kedepan. Termasuk diantaranya menyangkut rotasi dan mutasi pegawai.

“Evaluasi itu kedepan nanti. Hari ini justru permulaan untuk kita bisa mengetahui apa-apa proses mutasi itu. Dan ini nanti akan kita lakukan pengawasan kedepan,” pungkasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here