Kepala divisi sistem pembayaran pengelolaan uang rupiah dan SLA BI Banten Erry P Suryanto saat diwawancara sejumlah wartawan, Minggu (23/2/2020). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

BOGOR, SSC – Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Banten mencatat selama 2019 jumlah merchant yang telah menggunakan QRIS di Banten ada sebanyak 261.117 merchant. Jumlah itu tercatat tinggi  dan menempatkan BI Banten di urutan ke-lima se- Indonesia. Lima kota/kabupaten di Indonesia yang menggunakan Qris yaitu, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Banten.

Kepala divisi sistem pembayaran pengelolaan uang rupiah dan SLA BI Banten Erry P Suryanto mengatakan, pertumbuhan Qris di Banten menunjukan pertumbuhan yang positif.  Itu ditunjukan pada data daritahun 2019 ke 2020, pengguna merchant mengalami peningkatan. Mulai Januari hingga Febuari 2020 pengguna telah mencapai 162.117.

“Jadi memang saat ini kita posisinya di peringkat ke-5 Se-Indonesia yang sudah di Qriskan. Jadi data sementara ini kita peroleh dari masing-masing PJSP yang dilaporkan ke BI Jakarta,” kata Erry usai kegiatan Capacity Building di salah satu Hotel di Bogor, Minggu (23/2/2020).

Ia menjelaskan, berdasarkan data pengguna Qris di Banten paling mendominasi berada di wilayah di Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. Disusul di beberapa beberapa kabupaten/kota lain di Banten.

“191 ribu pengguna QR  itu di Tangerang dan 45 ribunya di Tangerang Selatan dan terbagi dibeberapa daerah di Banten,” jelasnya.

Erry mengaku, untuk meningkatkan pengguna Qris di Banten, pihaknya dalam waktu dekat akan mengundang beberapa pihak dari rumah ibadah, pasar, sekolah dan perguruan tinggi.

“Karena itu tergantung darI merchant dan tergantung juga bagaimana PJSP dalam memproses permintaan QR agar menjadi Qrisnya itu. Jadi upaya yang kami lakukan untuk itu memperkuat edukasi kepada masyarakat maupun merchant agar mereka mau menggabungkan QR menjadi Qris,” pungkasnya.

Ia berharap seluruh merchant yang menggunakan QR code diharuskan untuk menggunakan QRIS. Kedepan, pihaknya berharap seluruh pengguna merchant dapat beralih ke QRIS. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here