CILEGON, SSC – Sempat dibiarkan kosong selama 2 tahun, 72 kios di Pasar Blok F yang ada di lantai 2 siap ditempati pada 25 Januari mendatang. Kosongnya lantai di pasar tersebut lantaran direnovasi pada akhir 2016 silam.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon Tb Dikrie Maulawardhana mengatakan, pihaknya saat ini telah melakukan langkah-langkah untuk mengisi kios yang ada di lantai 2.

“Kita (Disperindag,red) sedang mempersiapkan pembukaan untuk lantai 2 di Pasar Blok F. Pembukaan lantai 2 ini dilanjutkan dengan pengisian 72 kios untuk para pedagang. 25 Januari ini kios di lantai itu sudah siap diisi oleh pedagang serta dilanjutkan pada 1 Febuari Launching di lantai 2,” kata Dikrie kepada Selatsunda.com, kemarin.

Ia menyebut, lantai dua di Pasar itu  merupakan Plaza Blok F. Sementara untuk lantai 1 disebut Pasar Blok F. Di mana, untuk Plaza Blok F sendiri hanya berisi pedagang elektronik, fashion, kuliner. Sementara untuk Pasar Blok F, layaknya pasar tradisional pada umumnya.

“Yang akan jualan di lantai dua itu, yang jualannya elektronik, fashion pakaian, kuliner, dan sejenisnya hampir seperti Mal tapi lebih mudah diakses berbagai kalangan,” paparnya.

Dikrie berharap, dijualnya produk-produk elektronik, fashion dan kuliner menjadi daya tarik pasar sehingga ramai pembeli. Dampaknya, perekonomian masyarakat semakin tumbuh.

“Untuk lantai 2 sendiri akan diupayakan akan tempat nongkrong dan tempat bermain anak-anak. Untuk tarif, kita kenakan harga sewa sebesar Rp300 ribu per bulan,” ujarnya.

Ditemui di Pasar Blok F, Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pasar Blok F, Mulyadi menyatakan, pihaknya mulai melakukan pembersihan di lantai dua Pasar Blok F untuk persiapan peresmian. Ia mengibaratkan lantai dua akan dijual bermacam-macam barang seperti layaknya sebuah mal.

“Yang jualan di lantai atas itu barang-barang kering seperti Mal,” terangnya.

Ia memaparkan, saat ini total pedagang yang berjualan di Pasar Blok F berjumlah 400 pedagang dengan kapasitas yang disiapkan sebanyak 600 pedagang.

“Di kios lantai satu juga masih ada yang belum terisi di beberapa blok,” paparnya.

Ia berharap, peresmian ini dapat sejalan dengan upaya pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur pasar. Hal itu bertujuan agar pedagang dan pembeli nyaman ketika belanja di Pasar Blok F yang menjadi Pasar Rakyat.

“Seperti saluran air juga sudah kami bersihkan dibantu swadaya pedagang, untuk mengantisipasi banjir,” pungkasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here