Wakapolres Cilegon, Kompol Winarno mengecek peralatan operasional usai apel pengecekan sarana dan prasarana di Mapolres Cilegon, Sabtu (7/11/2020). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Pemerintah daerah tak terkecuali Kota Cilegon sudah mulai melakukan mitigasi bencana menghadapi musim hujan yabg kerap menimbulkan bencana banjir dan longsor. Untuk mengantisipasi bencana, Polres Cilegon mulai melakukan berbagai persiapan.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono melalui Wakapolres Cilegon Kompol Winarno mengatakan, pihaknya menghadapi itu sudah mulai melakukan berbagai kesiapan. Salah satunya dengan mengecek kesiapan peralatan yang akan digunakan untuk tanggap bencana.

“Ini merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk keseriusan siap siaga baik peralatan, personel maupun perlengkapan lainnya dalam menghadapi musim hujan yang mengakibatkan banjir, puting beliung dan pohon tumbang,” katanya dalam apel pengecekan sarana dan prasarana di Mapolres Cilegon, Sabtu (7/11/2020).

Ia menjelaskan, pengecekan peralatan bertujuan penting. Hal itu perlu dilakukan supaya peralatan yang sudah disiapkan ketika terjadi bencana di tengah masyarakat bisa cepat tanggap.

Baca juga  Warga Kepuh Keluhkan Hujan Debu Batubara dari Pabrik Industri

“Tentunya semua ini harus terus terjaga. Antara Polri dan masyarakat harus terus terjalin. Apalagi saat pergantian musim saat ini. Jangan sampai saat melakukan penanagnan bencana, justru peralatan yang dimiliki oleh anggota dalam kondisi rusak/tidak bisa digunakan,” jelas Wakapolres.

Sebagai pelayan masyarakat, kata dia, Polres Cilegon sebagai bagian daru tubuh Polri senantiasa harus menjadi garda depan masyarakat. Maka dari itu baik peralatan maupun personel harus siap tanggap.

“Yang menjadi tumpuan kegiatan pelayanan dan penanganan pertama bencana adalah kita semua, seluruh personel baik di Polres maupun Polsek,” ucap Winarno.

Ia berpesan dalam kondisi pandemi Cobid-19 agar masyarakat bisa menjaga kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

Baca juga  Pemkot Serang Gelontorkan Rp 2,9 Miliar Bangun Kantor Kecamatan Kasemen

“Mari kita fokus ketika memberikan pelayanan dan himbauan kepada masyarakat lakukan dengan ikhlas dan terus menerus,” imbuh Winarno.

Winarno juga berterimakasih kepada personel yang telah bekerja keras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya juga ucapkan terima kasih atas kerja keras dan loyalitas personel pengamanan yang telah iklhas memberi pelayanan kepada masyarakat,” tutup Winarno.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengimbau kepada personel yang bertugas agar tetap menjaga kesehatan.

“Bagi personel yang bertugas di lapang, saya himbau agar tetap berhati-hati dan jaga kesehatannya. Karena menghadapi musim penghujan, fenomena La Nina dan bencana alam seperti ini, bisa terjadi kapan saja. Sehingga kita harus tetap standby dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (Ully/Red)