Para wisatawan berenang di objek wisata pantai yang ada di Hotel Mambruk Hotel, Anyer, Kabupaten Serang, Sabtu (7/11/2020). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Pada 2021 mendatang, Pemprov Banten memperkirakan jumlah wisatawan yang mengunjungi objek wisata di Banten mencapai 21 orang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten M Agus Setiawan mengatakan, target ini melebihi dari target pada 2020 sebesar 20 juta pengunjung dan 2019 sebesar 19 juta pengunjung.

“Setiap tahunya, kami (Disbudpar) Provinsi Banten menargetkan kunjungan wisatawan berkunjung ke Banten sebesar 1 hingga 1,5 juta pengunjung,” kata Agus kepada awak media usai kepada awak awak media Pokja Wartawan Eksbispar Banten dalam acara Economic Outloxk 2021 yang digelar di Hotel Mambruk, Anyer, Kabupaten Serang, Sabtu (7/11/2020).

Ia pun optimis kunjungan tahun ini bisa mencapai target seperti tahun-tahun sebelumnya. Mengingat wisata meski pademi Covid-19 (virus corona) masih memilih obyek-obyek wisata di Banten.

Baca juga  Lahan Kuburan di Cilegon Bisa Tampung 700 Jenazah Pasien COVID-19

“Kami selalu optimis jika setiap tahun itu  bisa mencapai target. Karena apa? Karena Provinsi Banten selalu memiliki beragam objek wisata yang tidak jauh bagus dibandingkan dengan yang lainnya,” ungkapnya.

Untuk menarik para wisatawan berkunjung ke Banten, kata Agus, Disbudpar Banten bersama dengan PHRI (Persatuan Hotel Restoran Indonesia) Banten akan terus melakukan penataan destinasi, peningkatan sertifikasi para tenaga tempat wisata.

“Destinasi wisata terus kita benahi dan promosikan mulai dari sekarang. Dan tidak lupa peningkatan pelayanan dan sertifikasi tenaga perhotelan terus kita (Provinsi) akan terus lakukan. Tapi yang jelas, semua yang kita lakukan ini harus mengikuti semua kebijakan dari pemerintah pusat,” kata Agus.

Baca juga  Gawat! Ruang Isolasi Pasien Corona di Trans Hotel Cilegon Overload.

“Peran serta semua pihak tentunya akan membantu perkembangan pariwisata di Banten,” tambahnya.

Sementara itu, General Manager Hotel Aston Anyer, Doddy Fathurahman berharap pariwisata di Banten dapat tumbuh dan berkembang meski berada ditengah pademi Covid-19 (virus corona).

“Kami berharap, agar pemerintah bisa membantu kami (para pengelola hotel dan restoran) bisa bangkit kembali. Salah satunya, dengan terus mempromosikan dan mengembangkan wisata di Banten,” pungkasnya. (Ully/Red)