CILEGON, SSC – Kota Cilegon telah memulai langkah maju menuju masa depan yang lebih cerah dengan menggelar Pra Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), untuk periode tahun 2025 hingga 2045.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Cilegon dan berlangsung di The Royale Krakatau Hotel, Kamis (03/08/2023).

Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Maman Mauludin, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan tersebut. Menurutnya, Pra Konsultasi Publik tersebut menjadi titik awal penting bagi visi dan misi kota dalam merancang langkah-langkah strategis menuju masa depan yang lebih baik hingga tahun 2045 mendatang.

“Dengan diadakannya Pra Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kota Cilegon, kami memiliki dasar pijakan yang kokoh untuk mencapai visi misi Kota Cilegon dalam kurun waktu 2025 hingga 2045. Rencana ini akan menjadi panduan bagi seluruh Kepala Dinas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Cilegon untuk menyusun visi misi yang komprehensif, mencakup isu-isu strategis yang perlu diutamakan dalam perencanaan pembangunan daerah,” ujar Sekda Maman.

Baca juga  Pemkot Cilegon Kumpulkan OPD Benahi SOP Perizinan di Mal Pelayanan Publik

Maman menekankan pentingnya rencana pembangunan jangka panjang tersebut. Mengingat dampaknya yang signifikan bagi daerah dengan karakteristik penting, mendasar, mendesak, dan berjangka panjang. Rencana tersebut menjadi kunci penting dalam mencapai sasaran penyelenggaraan pemerintahan daerah pada masa yang akan datang.

“Pra Konsultasi Publik ini juga menjadi kesempatan berharga untuk diskusi dan konsultasi terbuka antara pemerintah dan masyarakat. Partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan diharapkan dapat memberikan sumbangsih berharga dalam perumusan RPJPD yang komprehensif dan berdaya saing,” lanjut Maman.

Maman juga menegaskan bahwa pemerintah Kota Cilegon memiliki komitmen yang kuat untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam merumuskan rencana pembangunan yang berfokus pada kesejahteraan rakyat dan kemajuan kota. Dengan semangat kebersamaan, Kota Cilegon siap menghadapi tantangan masa depan dan mewujudkan impian bersama menuju kota yang lebih baik di tahun-tahun mendatang.

Baca juga  Perumda Cilegon Mandiri Bisnis Air Kemasan, Komisi III DPRD Cilegon Ingatkan Pelayanan Utama Jangan Terlupakan

Dalam akhir pernyataannya, Maman berharap rencana pembangunan jangka panjang ini akan menjadi landasan kuat bagi pembangunan infrastruktur, perekonomian, pendidikan, dan lingkungan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan Kota Cilegon yang lebih maju, berdaya saing, dan berkelanjutan untuk kesejahteraan seluruh masyarakat. Pra Konsultasi Publik ini menjadi bukti nyata bahwa Kota Cilegon mengambil langkah berani untuk mencapai cita-cita masa depan yang lebih gemilang. (ADV)