Lambang PDIP (Sumber:google images)

CILEGON, SSC – Panggung politik menjelang pendaftaran Pilkada Kota Cilegon 2020 dikejutkan dengan adanya SK (Surat Keputusan) yang dikeluarkan oleh (Dewan Perwakilan Pusat) DPP Perjuangan (PDIP). Ini dibuktikan dengan telah dikeluarkannya SK dengan Nomor: 2097/IN/DPP/VIII/2020 di mana tertulis Reno Yanuar menjabat Ketua DPC PDIP Cilegon Reno Yanuar ditetapkan sebagai Calon Wakil Walikota Cilegon mendampingi Calon Walikota Cilegon Helldy Agustian dari Partai Berkarya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cilegon 2020.

SK tertanggal 29 Agustus 2020 itu ditandatangani langsung oleh Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal, Hasto Kristiyanto.

Sekretaris DPC PDIP Perjuangan Kota Cilegon Ahmad Sudrajat mengatakan, jika Ketua Umum PDIP telah menggeluarkan SK penunjukan Helldy dan Reno berpasangan.

“Dalam SK ini menegaskan jika Pak Reno maju sebagai Wakil Walikota Cilegon untuk mendampingi Pak Helldy Agustian sebagai bakal calon Walikota Cilegon,” ujar Ahmad Sudrajat, Rabu (2/9/2020).

Baca juga  Diduga Rem Blong, Truk Pengangkut Cairan Kimia Terguling di SPBU Grogol

Ia menjelaskan, jika DPP PDIP telah melakukan komunikasi politik dengan DPP Partai Berkaya pimpinan Muchdi PR terkait dengan pencalonan walikota dan wakil walikota Cilegon ini. Dan telah disetujui jika, yang pantas untuk ikut dalam Pilkada Cilegon, yaitu, Helldy Agustian-Reno Yanuar. Sementara, Sanuji Pentamarta tidak maju pada Pilkada Cilegon.

“Ibu ketua umum (Megawati Soekarno) tidak akan asal mengeluarkan surat dong, pasti sudah ada komunikasi,” jelasnya.

Ia melanjutkan, keputusan dari pusat itu bakal ditindaklanjuti di tingkat daerah. Komunikasi dengan Helldy Agustian pun sudah dibangun kendati baru melalui telepon.

Diketahui dari perkembangan politik terakhir, Partai Berkarya telah berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Baik Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta telah mendapat B1 KWK dari Berkarya dan PKS.

Baca juga  Tak Serahkan PSU, Pengembang Perumahan di Kota Serang Terancam Sanksi Pidana

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Harian DPP Partai Berkarya Sonny Pudjisasono menegaskan jika pihaknya belum mengubah ketetapan koalisi dan mengganti pendamping Helldy.

“Kami DPP masih belum ada perubahan, masih tetap Berkarya pasangan PKS, belum ada perubahan sama sekali,” ujar Sonny.

Ia juga mengatakan sejauh ini DPP PDIP belum membangun komunikasi dengan DPP Berkarya. Untuk itu, ia mengingatkan kepada seluruh jajaran Berkarya di Cilegon serta partai koalisi untuk tidak terpengaruh oleh informasi yang bersumber dari pihak luar.

“Hoax saja itu, semua biasa politik terkini yang menyesatkan, biasa biasa saja tidak ada perubahan dari DPP, saya selaku ketua harian DPP menegaskan,” pungkasnya. (Ully/Red)