CILEGON, SSC – Jabatan Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon bakal diisi sementara oleh Pejabat Pelaksana Harian (Plh) sehubungan dengan rencana Sari Suryati melaksanakan ibadah haji ditanah Suci, Mekkah selama 40 hari.  Dikabarkan,  satu dari empat pejabat eselon II yang mumpuni akan mengisi kekosongan kursi C3 di Pemkot Cilegon itu. Diantaranya yang mencuat,  Asda I Setda, Taufiqurahman Husein, Asda II Setda Il, Beatrie Noviana, Asda III Setda,  Dana Sujaksani dan Kepala Bappeda, Ratu Ati Marliati.

Menanggapi itu, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, keempat calon Plh yang disebutkan sangat mumpuni.  Apalagi satu diantaranya seperti Kepala Bappeda,  kata Edi, pernah menjadi Plt Sekda ketika masa jabatan Sekda periode 2010 – 2015 lalu yakni Abdul Hakim Lubis, berakhir.

“Dulu kan Bu Ati (Kepala Bappeda) udah pernah jadi Plt Sekda. Kita tahu, beliau ini kinerjanya sangat baik. Kalau tiga pejabat lainnya kan memang belum merasakan menjadi Plh Sekda,” kata Edi dikonfirmasi, Rabu (11/7/2018).

Lebih jauh Edi menjelaskan,  kekosongan itu tidak akan berlangsung lama. Hanya saja karena pemkot memiliki agenda yang padat maka dibutuhkan Plh.

“Kalau dilihat dari aturan memang enggak perlu diisi kursi Plh. Tapi kan banyak agenda yang harus dikerjakan oleh saya. Dan itu sangat dibutuhkan sosok Sekda. Contohnya aja, Plh ini harus mengerjakan bagaimana menyusun  RAPBD Perubahan 2018 dan kegiatan acara hari kemerdekaan. Masa iya saya harus kerja sendirian di tengah agenda yang padat ini,” aku Edi.

Disinggung siapa yang pantas mengisi sementara jabatan Sekda, Edi masih enggan menyebutkannya.  Yang terpenting penunjukan itu harus sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada.

“Itu kan ada mekanismenya, meskipun pada akhirnya saya yang akan menentukan selaku user. Apakah dalam menunjuk Plh nanti membutuhkan izin Kemendagri, itu pun harus dicari tahu dulu. Untuk siapa nanti yang akan ditunjuk, tunggu tanggal mainnya,” pungkasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here