Seorang bocah mengais rezeki di perempatan Lampu Merah PCI, Kota Cilegon, Selasa (28/9/2021). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Dinas Sosial (Dinas Sosial) mengaku kerap memberikan pembinaan kepada manusia silver yang biasa mengais rezeki di sudut-sudut jalan di Kota Cilegon. Akan tetapi yang diharapkan setelah diberi pembinaan tidak lagi mengais rezeki di sudut jalan malah manusia silver masih tetap mangkal.

“Sebenarnya Dinas Sosial (Dinsos) sudah memberikan pembinaan kepada mereka (manusia silver). Tapi mereka kembali turun ke jalan lagi,” ujar Kepala Dinsos Kota Cilegon Achmad Jubaedi, Kamis (30/9/2021).

Ia mengaku kembali merespon dengan adanya bocah manusia silver Bernama Qois Abadi (14) yang sebelumnya ditengok oleh Ketua DPRD Cilegon, Isro Miraj. Akan hal itu, ia mengaku akan memberi pembinaan dan pelatihan kepada seluruh manusia silver yang ada di Kota Cilegon agar tidak kenbali turun ke jalan.

Baca juga  Walikota Helldy Nilai Bantuan UEP untuk KUBE di 8 Kecamatan Belum Merata

“Iyah benar kita turun dan mengecek langsung keberadaan para manusia silver ini. Kemarin kan sempat Pak Ketua DPRD Cilegon mengecek bocah 14 tahun yang mengais rezeki jadi manusia silver,” kata dia.

Mantan Kepala Dinas Kominfo Informatika Sandi dan Statistik (Diskominfo) ini telah mengidentifikasi domisili manusia silver di Cilegon. Kebanyakan yang mangkal di Simpang PCI, Simpang Alun-Alun Cilegon dan Simpang Kawasan Industri Krakatau Steel, kata dia, bukan warga asli Kota Cilegon namun berdomisili di Cilegon.

“Memang domisilinya di Cilegon, tetapi KTP (Kartu Tanda Penduduk) bukan Cilegon,” katanya.

Ia menyatakan, untuk menyelesaikan keberadaan manusia silver tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinsos tetapi perlu kerjasama OPD lainnya. Seperti, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

Baca juga  Laka Truk Tangki Kimia dengan Bus Penumpang di Tol Merak, Satu Penumpang Tewas

“Bukan hanya kami (Dinsos) aja. Tapi perlu kerjasama dari Dinas Tenaga Kerja untuk bidang asah kemampuan dan keahlian mereka. Sedangkan Disparbud dibidang seni dan budaya,” ujarnya.

Sementara, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial pada Dinsos Kota Cilegon Hidayatullah mengatakan, pihaknya telah melakukan asessment terhadap manusia silver di Kota Cilegon. Termasuk bocah manusia silver yang sempat ditengok oleh Ketua DPRD Isro.

“Kami telah menemui Qois manusia silver 14 tahun yang ditemui Ketua DPRD Cilegon. Besok (Hari Ini -red) akan kami antarkan ke Dindik (Dinas Pendidikan) untuk mendapatkan sekolah gratis, kami kawal terus ini,” pungkasnya. (Ully/Red)