CILEGON,  SSC – Sebuah truk Fuso yang ada diatas Kapal Motor Penumpang (KMP) Portlink III terbakar ketika hendak sandar di Dermaga VI,  Pelabuhan Bakauheni dari  Pelabuhan Merak,  Kota Cilegon,  Rabu (11/4). Insiden itu membuat panik dan ketika kapal bersandar, penumpang langsung berlarian menyelematkan diri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun,  KMP Portlink berlabuh dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 07.30 wib.  Sebelum 6 mil dari Pelabuhan Bakauheni tepat pukul 09.15, truk Fuso bernomor Polisi K 1832 BS yang memuat sembako dan makanan ringan dan berada di cardeck itu terbakar diatas kapal.  Akibat insiden itu,  membuat penumpang panik karena asap hitam menggumpal dan memenuhi cardek.
“itu kejadian tadi pagi. Ada truk diatas Portlink III yang memang terbakar,” Ungkap General Manajer PT.  ASDP Cabang Merak,  Fahmi Alweni yang dikonfirmasi.
Akibat insiden itu,  kata GM, berdampak pada operasi diatas kapal.  Sementara kerusakan kapal,  sambungnya,  hanya membuat dinding kapal menjadi hitam akibat dampak kepulan asap. Sementara Truk,  mengalami kerusakan parah karena setengah badan hangus terbakar.
“saat itu hendak sandar di dermaga VI bakauheni.  Kalau dilihat dari kejadian itu, api tidak merembet ke mana-mana.  Untuk kerusakan,  hanya mobil.  Kemudian asap kapal mengebul dan membuat dinding dan langit-langit kapal hitam, ” Tuturnya.
Insiden,  kata Fahmi,  diakui membuat panik penumpang.  Namun secara sigap,  kru kapal langsung melakukan upaya penanganan pemadaman api secara cepat dengan alat hidran dan sprinkle yang tersedia diatas kapal supaya tidak menyebar ke bagian lain.
“Alat pemadam diatas kapal langsung digerakkan dan kapal langsung mempercepat kecepatan dari 10 menjadi 17 knot.  Kita langsung kpprdinasi dengan Basarnas dan BPTD untuk mengosongkan Dermaga VI di Bakauheni supaya langsung dilakukan tanggap reaksi cepat. Kapal langsung kita engkerkan untuk diperiksa syahbandar, ” Urainya.
Penyebab kejadian,  kata Fahmi,  diduga karena adanya konsleting listrik ketika sopir menyalakan truk. Hal itu diduga kuat menjadi penyebab truk fuso terbakar.
“Diduga itu berasal dari starter mobil. Kemungkinan disitu konslet. Jadi dugaan kami,  saat sopir menyalakan mobil,  mungkin disitu yang menjadi penyebabnya” Paparnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here