Kepala Cabang PT Wira Jaya Logitama Lines di Pelabuhan Merak, Abdul Mukti juga selaku operator kapal penyeberangan KMP Wira Berlian memberi penjelasan tubrukan KMP Wira Berlian dengan KMP Mustika Kencana pada Selasa (23/6/2020). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kepala Cabang PT Wira Jaya Logitama Lines di Pelabuhan Merak, Abdul Mukti juga selaku operator kapal penyeberangan KMP Wira Berlian memberi penjelasan terkait kejadian tubrukan KMP Wira Berlian dengan KMP Mustika Kencana pada Selasa (23/6/2020) sekitar pukul 05.40 WIB.

Ia menjelaskan, kejadian tubrukan kapal bermula saat KMP Wira Berlian yang baru berlabuh dari Bakauheni hendak sandar di Dermaga 3, Pelabuhan Merak. Namun, saat akan sandar tepatnya melakukan gerakan mundur, kapal malah menubruk KMP Mustika Kencana di Dermaga 2 yang saat itu tengah bongkar muat. Tubrukan pun tak terhindarkan.

“Akibat kejadian ini, kami pun langsung melakukan kordinasi dengan kepala Cabang KMP Mustika Kencana. Pasca kecelakaan, kedua kapal sudah dapat beroperasi seperti biasa. Dan kami telah bertanggung jawab kepada KMP Kustika Kencana agar dilakukan perbaikan kapal,” kata Abdul Mukti saat ditemui di ruang kerjanya,” Selasa (23/6/2020).

Operator kapal belum bisa memastikan penyebab kecelakaan laut tersebut. Namun dari informasi yang diterima dari nakoda dan kru kapal, kejadian itu terjadi karena cuaca buruk dan terdapat kendala dalam sistem kelistrikan olah gerak.

“Elektrikal sistem pada kapal yang mengakibatkan kebocoran pada seal,” paparnya.

Pasca kecelakaan, kapal langsung diperbaiki. Dan keduanya dapat beroperasi seperti biasanya.

“Saat ini kapal sudah dapat normal kembali. Secara teknis tidak ada maslaah apapun. Itu hanya senggolan kecil saja,” pungkasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here