Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait memberikan penghargaan kepada Tyara Marshanda Putri sebagai Duta Anak Nasional Bidang Nasionalisme dan Kebangsaan dalam Kongres Anak Indonesia XV di Belitung Timur, Kamis (211/2018). Foto Ist

CILEGON, SSC – Sepintas Tyara Marshanda Putri sama seperti anak biasanya, tapi siapa sangka gadis berusia 16 tahun ini dapat mengangkat nama Kota Cilegon atas prestasi yang diraihnya di kancah tingkat nasional. Tepat pada Kongres Anak Indonesia ke XV yang digelar Komnas Perlindungan Anak di Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama 4 hari dari Senin (19/11/2018) hingga Kamis (22/11/2018), siswi kelas XI di SMA Negeri 1 Cilegon ini berhasil mengukir prestasi dinobatkan sebagai Duta Anak Nasional Bidang Nasionalisme dan Kebangsaan.

Dalam kompetesi yang diikuti, Ia tampil memukau dihadapan para tamu dan undangan saat membacakan pidatonya. Bahkan pidato yang disampaikannya dengan lantang dan jelas, mampu menyingkirkan pesaingnya dari ribuan perwakilan dari seluruh Indonesia.

Tyara yang dikonfirmasi Selatsunda.com  mengaku, sangat bersyukur atas prestasi yang diraihnya. Pencapaian menjadi duta anak ini menjadi motivasi bagi dirinya untuk mengangkat martabat anak bangsa khususnya generasi muda di Cilegon. Ia menginginkan prestasi ini dapat ditularkan kepada generasi muda untuk bersemangat meraih cita yang dinginkan, jangan sampai terjerumus ke hal – hal yang merugikan. Menurutnya, generasi muda saat ini dinilai masih kurang peka khususnya tentang gaya hidup anak muda yang lebih memilih menggunakan produk luar negeri ketimbang produk lokal.

“Jadi permasalahan apatisme dan penggunaan produk luar lebih tinggi digunakan dibandingkan produk dalam negeri itulah yang menjadi PR saya. Saya harus mencari solusi untuk bisa memecahkan permasalahan ini,” kata Tyara, Kamis (22/11/2018).

Selain ingin merubah itu, Ia pun menginginkan agar anak muda dapat berpartisipasi aktif mengemukakan pendapat. Generasi saat ini tidak perlu lagi canggung menyampaikan aspirasinya dihadapan publik.

“Jadi, saya berkeinginan agar suara-suara generasi muda di Cilegon bisa ditampung dengan baik. Dan tidak ada lagi anak muda diam bahkan malu untuk mengemukakan pendapatan karena suara anak itu sangat penting,” tambahnya.

Ia berharap, prestasi yang diraihnya ini dapat disalurkan agar anak muda khususnya Cilegon dapat berkarya lebih baik lagi.

“Dengan amanah yang saya terima ini diharapkan bisa menjadi motivasi untuk para generasi muda di Cilegon untuk lebih baik lagi untuk lebih meningkatkan rasa rasionalisme,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua LPA Kota Cilegon Akhdi Romli mengaku bangga atas prestasi Tyara. Sebagai perwakilan Cilegon, Tyara telah mengharumkan nama daerah berkancah di tingkat nasional.

“Pencapaian ini merupakan kebanggan bagi Delegasi Kota Cilegon karena hasil ini dicapai melalui penilaian dan seleksi dari seluruh peserta Forum Anak se-Indonesia,” pungkasnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?