Bedah buku teknik lobi dan nego di Kampus STIE Prima Graha Serang, Sabtu (14/12/2019). Foto Ajat Sudrajat/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Seorang sarjana yang baru lulus kuliah harus memiliki bekal kemampuan untuk menjadi profesional dalam menghadapi dunia kerja. Di era ini, bekal ilmu akademik tidaklah cukup. Namun seorang sarjanan penting mempunyai kemampuan berkomunikasi (soft skill). Utamanya memiliki teknik berkomunikasi baik dengan melobi dan bernegosiasi.

Hal ini dikatakan Ketua STIE Prima Graha, Haerofiatna pada kegiatan bedah buku teknik lobi dan nego untuk bisnis di Kampus STIE Prima Graha Serang, Sabtu (14/12/2019).

“Salah satu kemampuan soft skill yang wajib dimiliki mahasiswa adalah kemampuan komunikasi dan mampu mengembangkan daya inovasi dan kreatifitas. Banyak kita lihat para pengusaha nasional sukses karena faktor kemampuan berkomunikasi, khususnya dalam bidang lobi dan negosiasi,” ujarnya.

Rosa Yulistriyadi selaku Ketua LPPM sekaligus Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, mahasiswa di era revolusi industri 4.0 ini diharapkan dapat semakin mengerti apa yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Tekni atau kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu yang mutlak harus dimiliki para sarjana saat ini.

“Tujuan lain dari diadakannya kegiatan bedah buku ini adalah  memotivasi mahasiswa untuk  bisa merubah mindset mahasiswa agar dapat berfikir kreatif dan inovatif, khususnya dalam menghadapai era revolusi industri 4.0 yang semakin kompetitif,” kata Rosa.

Tidak berbeda dengan Rosa, Kaprodi Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Manajeman IMMI Jakarta sekaligus penulis buku Teknik Lobi dan Nego, Harries Madiistriyanto mengatakan, kemampuan lobi dan nego merupakan hal yang jarang dimiliki oleh semua orang. Menurutnya dua teknik komunikasi ini harus dimiliki sarjana ketika masuk kedalam dunia kerja.

“Jika mahasiswa memiliki kemampuan lobi dan nego dengan baik, maka tidak mustahil ia akan menjadi pebisnis yang unggul,” ucapnya.

Haries mengatakan, mahasiswa dipandang perlu mempraktikkan kemampuan berkomunikasi secara bertahap. Karena dua kemampuan inilah yang kedepan akan menjadikan mahasiswa bisa survive dan unggul. (MG-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here