Kepala Puskesmas Kecamatan Cibeber Yanti Azis memantau langsung pelaksanan vaksin lansia yang dilaksanakan di Puskesmas Cibeber, pagi tadi, Selasa (23/3/2021). Foto : Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota cilegon Dana Sujaksani menyatakan, hingga saat ini total penerima vaksin Covid-19 baik tenaga kesehatan, pelayan publik dan masyarakat sudah menembus diangka 2.950 orang atau telah mencapai 97,2 persen.

“Jadi untuk realisasi vaksin di dosis pertama dan tahap kedua ini sudah mencapai sasaran sebanyak 2.950 orang dan total sasaran sebanyak 3.012 orang,” kata Dana ditemui wartawan di sela-sela vaksin covid-19 khusus lansia yang digelar di Puskesmas Cibeber, Kota Cilegon,” Selasa (23/3/2021).

Lanjut Dana, saat ini Dinkes telah melakukan vaksin tahap kedua untuk lansia. Untuk vaksinasi tersebut, para lansia diberikan perlakuan khusus. Lansia hanya datang ke llokasi fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah.

“Pada tahap kedua ini,kami prioritaskan untuk lansia se-Kota Cilegon dengan usia 60 tahun. Tidak ada persyaratan apapun untuk lansia maupun masyarakat yang akan di vaksin. Cukup datang ke puskesmas terdekat dan membawa KTP. Beberapa titik lokasi yang bisa melayani vaksin covid-19, RSUD Cilegon, RSKM, Rumah Sakit Kurnia dan 9 puskesmas di Kota Cilegon,” lanjutnya.

Terkait vaksinasi tahap ketiga, lanjutnya, akan diprioritaskan kepada masyarakat dan pelaku ekonomi. Rencananya vaksinasi tersebut akan dilakukan pada Juni mendatang.

“Bagi masyarakat, lansia, pelaku ekonomi yang belum tervaksin di tahap pertama dan kedua bisa dilakukan vaksin di tahap ketiga yang akan dilakukan Juni mendatang,” tandasnya.

Sementara, salah satu warga Cibeber, Karnoto mengaku bersyukur telah diprioritaskan untuk menerima vaksin covid-19 dari pemerintah.

“Bersyukur lah sekali. Dengan usia saya 65 tahun ini bisa didahulukan di vaksin sinovak,” imbuhnya. (Ully/Red)