SERANG, SSC – Walikota Serang, Syafrudin meminta kepada dewan hakim maupun pihak yang bertugas dalam Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke II Kota Serang agar dapat berlaku jujur dan adil dalam memberi penilaian. Ini bertujuan agar penjaringan peserta STQ dapat berjalan dengan baik sehingga memunculkan para qori-qori yang profesional.

“Dewan hakim perlu adil dan netral. Peserta yang mengikuti penjaringan ini harus berkualitas. Jangan sampai peserta yang jelek jadi nomor satu,” kata Walikota kepada awak media usai palantikan dewan hakim yang digelar di satu hotel di Kota Serang, Selasa (3/11/2020).

Ia menambahkan, usai dilakukan penjaringan, peserta yang dinyatakan lolos akan mengikuti pelatihan dam pembinaan sampai penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) hingga ke jenjang Provinsi Banten.

Baca juga  Warga Kepuh Keluhkan Hujan Debu Batubara dari Pabrik Industri

“Para peserta tetap akan menjalani pelatihan dan pembinaan hingga penyelenggaran MTQ Provisi tahun 2021 nanti,” tambah Syafrudin.

Perlu diketahui, dalam penyelenggaraan STQ, sebanyak 21 cabang yang akan dijalani oleh para peseta. Diantaranya, tilawah quran golongan dewasa dan qiroat mujawwat, tilawah quran golongan qiroat murotal remaja dan dewasa, tilawah quran golongan anak dan murotal, tilawah quran golongan remaja dan canet dan hafidz quran golongan 1 sampai 5 juz.

Di tempat yang sama, Koordinator Dewan Hakim, Mahmudi memastikan semua dewan hakim dan pengawas akan bersikap netral saat melaksanakan STQ tingkat ke-II. Bahkan, ia juga memastikan tidak ada peserta cabutan dari daerah lain.

“Dewan hakim tidak boleh menerima titipan dari siapa pun. Dewan hakim netral dan objektif kalau salah, ya salah,” tegas Mahmudi.

Baca juga  Warga Kepuh Keluhkan Hujan Debu Batubara dari Pabrik Industri

Dalam hal in, ia pun mengharapkan, meminta kepada seluruh panitia agar lebih teliti kepada para peserta. Jika kedepati ada yang menggunakan joki atau menitip, maka akan ada sanksi yang diberikan kepada para pelanggar.

“Iya dikenakan diskualifikasi, karena melanggar,” tegasnya. (SSC-03/Red)