Penampakan bangkai raflesia arnoldi yang ditemukan oleh Warga Lingkungan Pancuran Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Senin (9/11/2020). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Warga dikagetkan dengan penemuan bunga bangkai raflesia arnoldi di Lingkungan Pancuran, Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Senin (9/11/2020). Banyak warga berdatangan untuk melihat secara langsung bentuk dan jenis bunga yang tumbuh hanya beberapa tahun sekali.

Penemu bunga Raflesia Arnoldi, Sahada mengaku kebingungan pasalnya hanya di halaman depan dan belakang rumahnya yang ditumbuhi bunga bangkai.

“Bunga Bangkai ini berukuran sekira kurang lebih 50 cm. Tahun-tahun sebelumnya usai muncul umbinya, bunganya kemudian menghilang,” katanya kepada Selatsunda.com terkonfirmasi,” Senin (9/11/2020).

Tak hanya bingung, ia juga merasa aneh.  Bunga langka kerap muncul dan tumbuh di pergantian tahun.

“Sedikit bingung sih, aneh aja. Bunga bangkai ini hanya tumbuh di halaman rumah dan tidak ada di tempat tetangga atau sekitarnya. Bunga ini mendadak muncul di halaman rumah, jika ada pergantian musim atau pancaroba,” terangnya.

Baca juga  Rusunawa Margaluyu Mulai Diisi Pasien Corona

Sementara itu, Lurah Suralaya Eman Sulaiman  telah mendengar adanya bunga langka yang tumbuh di perkarangan rumah warganya tersebut.

“Tadi kita lihat masih ada sisa dua pohon, dan saya sampaikan kepada pemilik lahan supaya bunga ini jangan di cabut kembali seperti yang sudah ada,” katanya.

Masih kata Eman, untuk dapat menemui bunga yang viral tersebut, mereka harus berjalan ke arah hutan dengan jarak 1, 5 kilometer dari pemukiman penduduk.

“Yang dua belum mekar masih tunas, ada satu ini dikiranya kayak jantung pisang jadi diambil,” pungkasnya. (Ully/Red)