Warga Gerem bangun jalan alternatif menghubungkan dua lingkungan yakni Lingkungan Bayur dan Lingkungan Kembang Sawo, Minggu (17/10/2021). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Warga di wilayah Kelurahan Gerem secara gotong royong membangun akses jalan menghubungkan dua lingkungan yakni Lingkungan Bayur RT 01 RW 05 dan Lingkungan Kembang Sawo RT 02 RW 11. Jalan sepanjang 1,5 kilometer ini dibangun untuk jalan alternatif warga.

Lurah Gerem, Kecamatan Grogol, Deni Yuliandi mengatakan, selama ini warga biasanya mengandalkan jalan Desa Eksisting H Leman Pintu Air sebagai akses jalan utama. Karena jalan itu terbilang sempit makan dibukalah jalan alternatif.

“Jadi semacam jalan alternatif. Jika akses pertama (H Leman Pintu Air) sulit dilewati kendaraan tetapi dengan adanya akses jalan baru ini setidaknya kendaraan bisa melintas,”
kata Deni saat dikonfirmasi Selatsunda.com, Minggu (17/10/2021).

Baca juga  Komunitas Difabel di Cilegon Butuh Perda Pelindungan Disabilitas

Ia menyatakan, jalan baru yang akan dibangun memang tidak lebar. Maka dari itu nantinya jika kendaraan melintas akan dibuat rekayasa lalu lintas.

“Ketika akses jalan kedua ini dibuka, akan kami lakukan rekayasa lalu lintas 1 arah. Nanti sistemnya, akses jalan masuknya berada di jalan H Leman Pintu Air untuk jalan keluarnya berada di Lingkungan Bayur RT 01/05 hingga Lingkungan Kembang Sawo RT 02/11,” lanjut Deni.

Deni mengakui, meski dibangun secara swadaya namun akses itu belum dibangun dengan lebar yang diinginkan warga. Pun begitu, sedikitnya 4.500 KK (Kepala Keluarga) di dua lingkungan akan dimudahkan aktivitasnya dengan jalan baru yang dibangun tersebut.

“Memang jalanya cukup sempit dan belum memungkinkan untuk dilakukan pelebaran jalan. Bahkan, masyarakat setempat juga belum mengizinkan untuk menghibahkan tanahnya untuk pelebaran jalan,”paparnya.

Baca juga  Komunitas Difabel di Cilegon Butuh Perda Pelindungan Disabilitas

Ia menyatakan, akses jalan baru ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi masyarakat sekitar saat melakukan aktivitas.

“Setidaknya enggak merepotkan jalan lagi dan tidak ada kemacetan menuju akses jalan tersebut,” harapnya. (Ully/Red)