Wakil Walikota Serang, Subadri usai melakukan penyemprotan Disinfektan di Kecamatan Curug, Kota Serang, Sabtu (18/4/2020). Foto Ajat Sudrajat/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Pemerintah Kota Serang telah mendata sementara sebanyak 81 Ribu Kepala Keluarga (KK) yang terdampak Covid-19 akan menerima bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Berdasarkan hasil penjaringan petugas untuk jumlah penerima JPS mengalami pertambahan dari sebelumnya sebanyak 35 ribu KK.

“Perhari kemarin yang sudah masuk yang kena dampak itu 81 ribu KK,” kata Wakil Walikota Serang, Subadri Ushuludin usai melakukan penyemprotan Disinfektan di Kecamatan Curug, Kota Serang, Sabtu (18/4/2020).

Penambahan 46 ribu KK tersebut berdasarkan laporan hasil verifikasi yang diterima Dinas Sosial Kota Serang dibantu oleh RT dan RW se-Kota Serang.

“Yang dari hasil verifkasi RT RW melalui kelurahan yang disetorkan ke kecamatan terus juga disetorkan ke Dinsos. 81 ribu per hari kamis jam 17.00 sudah masuk 81 ribu, KK” terangnya.

Meski jumlah JPS sementara meningkat, kata Subadri, pihaknya akan mengupayakan agar seluruh penerima yang telah terverifikasi mendapat bantuan.

“Sepanjang memang hasil verifikasinya real, ya paling kita upayakan lah yah. Kalau memang masih bisa di pikul Kota Serang maka dipikulah sama Kota Serang. Dan kalaupun tidak kita kan punya pemerintah provinsi ya tidak ada salahnya kita minta bantuan untuk social safety net-nya, ” katanya.

Ia menyatakan, skema nilai bantuan sebesar Rp 200 ribu untuk satu KK masih tetap aama meski terdapat pertambahan JPS. Pihaknya akan menggeser alokasi anggaran (refocusing) ntuk memenuhinya.

“Paling kita upaya merefocusing lagi. Yang penting masyarakat kita semuanya sehat terus ada dalam kenyamanan, ketenangan yang pada akhirnya keselamatan juga didapatkan oleh seluruh masyarakat Kota Serang ini,” ujarnya.

Soal bentuk bantuan, kata dia, memungkinkan diberikan dalam bentuk sembako demi meminimalisir penyalahgunaan bantuan.

“Kayanya kalau hasil rapat gugus tugas kalau tidak salah kalau uang juga kan rawan, takut beli rokok segala macam bapaknya doang gitu. Maka biar semua keluarga kebagian paling ya lebih pasnya sembako,” tungkasnya. (MG-01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini