Salah seorang pegawai KPw Bank Indonesia Banten memegang kartu ATM berlogo GPN. Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Banten Rahmat Hernowo menyatakan, sebanyak 18 perbankan di Banten telah komit untuk membantu BI mensosialiasikan program GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Rencananya, launching kartu berlogo gambar garuda ini akan digelar pada 15 November 2018 mendatang di Alun-Alun Kota Cilegon.

“Dalam rapat tadi, 18 perbankan menyatakan kesanggupanya dalam mensosialisikan program GPN. Bahkan, dari 18 perbankan ini, mereka (perbankan) akan menerjunkan 5 (lima) unit mobile unit (ATM Bergerak) untuk memudahkan masyarakat yang ingin menukarkan ATM lama dengan ATM yang berlogo GPN,” kata Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Banten Rahmat Hernowo ditemui Selatsunda.com usai  rapat persiapan launching GPN bersama Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi serta jajarannya di Ruang Rapat Walikota Cilegon,” Jumat (7/9/2018).

Sejauh ini, Mantan Analis Senior pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) di Tokyo, Jepang ini mengungkapkan, BI belum menargetkan jumlah nasabah potensial kartu ATM tersebut. Namun sebagian perbankan telah memproyeksikan, kecenderungan peralihan nasabah pemegang kartu ATM biasa ke ATM GPN akan tinggi.

“Dari informasi yang saya terima ini, perbankan ini siap menyediakan 500 hingga 1 juta keping ATM berlogo GPN. Tapi, untuk perbankannya sendiri, saya tidak bisa sebutkan di sini,” ujarnya.

Ia berharap, respon nasabah terhadap kartu ini tinggi. Namun yang terpenting, fungsi dan keuntungan dari kartu GPN tersebut dapat lebih bermanfaat baik nasabah maupun masyarakat luas.

“Yang terpenting bagaimana program ATM berlogo GPN ini dapat diketahui kegunaan dan keuntungan oleh masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Payment BJB cabang Cilegon Hartami mengaku, sangat siap dengan program ATM Berlogo GPN yang dicanangkan BI. Bahkan, untuk mensukseskan sosialisasi ini, pihaknya telah menyiapkan 1 (satu) unit kendaraan edukasi kepada nasabah pada launching nanti.

“Untuk acara di Alun-alun nanti, Sistem di Bjb Cabang Cilegon sudah sangat siap. Bahkan, kita (BJb Cabang Cilegon) telah menyiapkan beberapa unit kendaraan edukasi di acara launching tersebut.

“Untuk cabang Cilegon sudah siap 1 (satu) unit kendaraan edukasi. Kemungkinan, ada tambahan unit dari cabang-cabang lain,” pungkasnya.

Untuk dapat diketahui, terdapat  5 manfaat yang dapat diperoleh masyarakat atas penggunaan kartu ATM berlogo GPN.

Pertama, masyarakat dapat menggunakan kartu ATM/debit berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.

Kedua, masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM/Debet GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.

Selanjutnya, ketiga masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR).

Keempat, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).

Kelima, biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here