Ilustrasi (Foto Dok)

CILEGON,  SSC – Beras impor sebanyak 22.500 ton kembali tiba di Pelabuhan Indah Kiat,  Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Beras yang diimpor dari Thailand yang dimaksudkan untuk memenuhi Cadangan Beras Pemerintah (CBP) ini tiba pukul 21.00 WIB, Minggu (29/7/2018) dengan menggunakan Kapal MV Vinaship Pearl.

“Tadi malam sekitar jam 21.00 WIB, Kapal yang mengangkut beras impor tiba di Indahkiat Merak.  Beras yang di impor 22.500 ton,” ungkap Koordinator Fungsional Karantina Tumbuhan Balai Karantina Pertanian Kelas II Cilegon, Rahmat Kurnia dikonfirmasi, Senin (30/7/2018).

Saat sandar, kata Kurnia, muatan beras impor langsung diperiksa. Petugas langsung mengecek beras baik secara administrasi dokumen dan fisik muatan.

“Semalam langsung kita cek bersama,  kita cek dengan pengurusnya. Beras yang ada di palka langsung kita periksa. Secara pemeriksaan awal,  semua aman,” ujarnya.

Beras yang tiba, kata Rahmat, sudah langsung bisa dibongkar dan didistribusikan ke Gudang Beras Bulog di Cikande, Kabupaten Serang. Terkait estimasi bongkar muat akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 minggu untuk diselesaikan.

“Beras akan dibawa ke gudang Bulog di  Cikande. Kurang lebih waktu bongkarnya kalau seperti kapal kemarin,  makan waktu sekitar 3 minggu. Karena paling banyak muatan bisa di distribusikan 1.500 ton sehari,” paparnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here