Bupati Pandeglang, Irna Narulita didampingi Wakil Bupati, Tanto Warsono Arban diwawancarai awak media soal Inflasi daerah di Gedung Pendopo Pemkab Pandeglang, Senin (30/7/2018). Foto Abdul Azis/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pemerintah Kabupaten Pandeglang terus berupaya untuk menekan angka inflasi dengan berbagai cara sebagaimana menindaklanjuti Penekanan Presiden RI,  Joko Widodo pada Pembukaan Rakornas Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2018 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Pekan lalu. Upaya  itu akan dilakukan oleh TPID dan dinas terkait dengan melakukan pemantauan (monitoring) harga pada sejumlah komoditas di pasar tradisional secara rutin.

“Kebetulan bapak hadir dalam penyampaian dari Pak Presiden RI (Joko Widodo) terkait nilai inflasi. Dari hasil pertemuan ini, setiap minggu akan ada controling. Jika ada masalah TPID akan segera meng-clear kan masalah sehingga harga pangan di pasar tidak melambung tinggi,” kata Wakil Bupati Pandeglang,  Tanto Warsono Arban saat ditemui di Gedung Pendopo Pemkab Pandeglang kepada Selatsunda.com, Senin (30/7/2018).

Selama ini,  kata Tanto,  monitoring hanya dilakukan pada momentum tertentu saja diantaranya saat libur nasional dan hari-hari besar.

“Selama ini kan dinas terkait hanya melakukan kontrol ke pasar-pasar menjelang hari-hari besar saja, tapi sekarang akan dilakukan monitoring secara rutin,” ujarnya.

Dengan melakukan monitoring secara rutin, sambung Tanto, ketersediaan pangan dapat terjaga dan stok tidak mengalami kekurangan.  Dengan begitu inflasi dapat ditekan.

“Jangan sampai permintaan dengan stok pangan tidak seimbang. Ini harus ada hubungan antar daerah yang singkron,” harapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita menilai inflasi yang terjadi di Pandeglang tergolong stabil. Salah satu indikator itu karena Pandeglang merupakan daerah penyuplai pangan ke Provinsi Banten.

“Akumulasi terlihat di tingkat Provinsi Banten. Pandeglang kan penyuplai pangan seperti gabah, jagung dan lain sebagainya,” ucap Irna. (Aziz/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here