CILEGON, SSC – Empat partai besar saat ini sudah mulai melakukan komunikasi politik guna menggodok pembentukan fraksi gabungan di DPRD Kota Cilegon periode 2019-2024. Empat partai ini, yaitu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrat, serta Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pembentukan koalisi partai gabungan ini, karena masing-masing partai politik memperoleh kursi yang sedikit sementara untuk mendirikan koalisi minimal memiliki empat anggota DPRD.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kota Cilegon Syihabudin Sibli membernarkan jika partainya telah membangun komunikasi politik dengan Partai Demokrat. Akan tetapi, komunikasi politik ini, hanya sebatas obrolan dan selanjutnya akan dibahas kembali.

“Mau tidak mau kita (PPP) harus berkoalisi agar bisa mendirikan fraksi. PPP diprediksi hanya mendapat dua kursi DPRD Cilegon,” kata Syihab ditemui di Gedung DPRD Kota Cilegon, Kamis (27/6).

Syihab menambahkan, koalisi antara PPP dan Partai Demokrat ini, nantinya akan terbentuk empat orang anggota DPRD. Empat anggota dewan ini, nantinya akan mengirimkan dua wakilnya.

“Untuk PPP ada saya dan Pak Baihaki (Baihaki Sulaiman) sementara untuk Demokrat ada Pak Rahmat dan Ibrohim Aswadi,” tambahnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Cilegon Rahmatulloh tak menampik telah membangun komunikasi untuk membahas pembentukan fraksi gabungan tersebut.

“Obrolan sih sudah ada. Tapi gak secara detail banget. Perlu dibahas kembali untuk menentukan jabatan sebagai ketua fraksi. Kita inginnya setengah periode, setengah periode. Biar gentian PPP dan Demokrat,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Partai Nasdem Cilegon Erick Rebiin mengaku, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan PKB untuk pembentukan fraksi gabungan.

“Komunikasi sih sudah. Yah, hanya ngomong-ngomong begitu aja. Enggak terlalu detail,” jelasnya.

Diakui Erick, jika dilihat dari jumlah komposisi yang ada, saat ini Partai Nasdem telah mengantongi tiga anggota dewan. Sementara, PKB mengantongi satu anggota di parlemen. Tentunya, dengan komposisi Partai Nasdem dan PKB ini akan mudah untuk mendirikan satu fraksi.

“Intinya semua punya semangat yang sama untuk membangun Kota Cilegon,” ucapnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here