Mobil dinas Xpander Sport disiapkan untuk pejabat eselon III Cilegon. (Foto Istimewa)

CILEGON, SSC – Sebanyak 7 pejabat eselon III di OPD Pemerintah Kota Cilegon dapat jatah mobil baru jenis Mitsubishi Xpander Sport. Informasi yang diterima Selatsunda.com, 7 OPD yang nerima mobil baru, diantara Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Sosial (Dinsos) dan lainnya. Saat ini 7 unit mobil baru ini, sudah terparkir di halaman parkir BPKAD Cilegon untuk selanjutnya pada Kamis (17/10/2019) akan diserahkan terimakan oleh 7 pejabat.

Dari hasil penelusuran di internet, harga satu unit mobil jenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Xpander Sport mencapai sekitar Rp 250 juta.

Kepala Bidang Aset pada BPKAD Kota Cilegon, Raden Firman tak menampik pembelian mobil baru jenis Mitsubishi Xpander berwarna hitam untuk pejabat OPD.

“Iyah benar ada tujuh mobil baru jenis Mitsubishi Xpander untuk 7 pejabat eselon III. Dan kemungkinan, penyerahan mobil ini akan ada serah terima kendaraan yang langsung diberikan oleh Pak Walikota Cilegon (Edi Ariadi,red),” kata Firman terkonfirmasi, kemarin.

Dikatakan Firman, pengadaan kendaraan dinas roda empat tersebut dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Reguler 2019. Pengajuannya, kata dia, sudah dilakukan sejak tahun lalu. “Saya baru pindah ke sini, bulan Juni, penganggaran sudah sejak tahun kemarin. Ini masuk APBD reguler,” terangnya.

Firman mengaku, jika sebelumnya pembelian kendaraan mobil dinas ini dilakukan di masing-masing OPD namun saat ini semua pembelian mobil dinas langsung dilakukan oleh BPKAD.

“Dulu kan masing-masing OPD yang punya kewenangan untuk membeli mobil mereka. Untuk seterusnya, kebijakan pembelian mobil baru langsung diserahkan ke kami (BPKAD). Kenapa di BPKAD? Karena banyak ditemukan mobil-mobil dinas yang dibeli mereka (OPD) berbeda jenis. Jadi, karena kondisi ini kita lah yang bertanggung jawab untuk membeli kendaraan tersebut supaya ada keseragaman untuk semua jenis mobil dinas,” akunya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here