Alfamart latih UMKM Cilegon

CILEGON, SSC – PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk selaku pengelola Alfamart dan Alfamidi memberikan pelatihan manajemen ritel kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) se-Kota Cilegon di Stock Point SSP Alfamart Cabang Serang yang berada di Jalan Ciriu, Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Selasa (24/04/2018).

Branch Manager Alfamart Serang Ikwan Ngabdi Rahardjo mengatakan, pelatihan tersebut merupakan kegiatan rutin untuk membentuk para ritel  tumbuh dan berkembang usahanya.

“Kegiatan kali ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan untuk para ritel tradisional maupun ritel modern yang ada di Kota Cilegon. Tentunya, dengan keberadaan ritel ini harus sama-sama bersinergi dalam dunia usaha,” kata Ikwan Ngabdi Rahardjo.

Selain meningkatkan sinergi antara kedua ritel, sambungnya, Alfamart juga  mengajak para UMKM agar dapat memahami manajemen ritel modern. Bentuk sinergi yang dilakukan Alfamart ritel tradisional yakni melalui program Outlet Binaan Alfamart (OBA).

“Ada beberapa program yang musti dijalankan dalam hal ini. Pertama program, pelatihan manajemen ritel dan layanan pesan antar barang dagangan dengan harga khusus bagi member pedagang OBA. Selain program ini juga, saya kami juga, memiliki program bedah warung yang dijalankan bagi member terpilih,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelatihan manajemen ritel bagi para UMKM kali ini langsung disampaikan oleh Member Relation Manager Branch Serang Kurdianto. Dalam materi yang disampaikan kali ini, para ritel ini diberikan pelatihan tentang manajemen penataan barang, pengaturan persediaan barang, manajemen keuangan (cash flow), serta tips wirausaha.

Terpisah, Member Relation Manager Branch Serang Kurdianto mengaku dalam kegiatan ini, dirinya memberikan pemaparan tentang materi terkait bagaimana pengelolaan warung secara baik sehingga terus berkembang dan maju.

“Beberapa hal yang harus dimengerti oleh para UMKM ini yakni, bagaimana para ritel ini bisa mengelola warung yang bisa diingat oleh konsumenya,” pungkasnya. (Ully/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here