Uji Petik Kapal Penyeberangan di Pelabuhan Merak

Persiapan Angleb 2018, Kapal Penumpang di Pelabuhan Merak Mulai Diuji Petik

CILEGON, SSC – Kapal Motor Penumpang (KMP) yang ada di lintasan penyeberangan Pelabuhan Merak – Bakauheni mulai diuji petik oleh Kantor Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Banten. Hal itu dilakukan untuk menjamin pemenuhan keselamatan penumpang kapal dalam persiapan Pelaksanaan Angkutan Hari Lebaran (Angleb) 2018.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bidang Patroli dan Keselamatan Pelayaran KSOP Banten,  Thomas Chandra mengatakan, uji petik itu dilakukan untuk memastikan kapal laik untuk melaut. Disamping itu, uji kelaikan kapal itu dilaksanakan dalam rangka persiapan Angleb yang akan diselenggarakan bulan Juni mendatang.

“Kapal yang tersedia di Merak-Bakau ini saya tidak begitu ingat, ada sekitar 62 kapal. Dalam satu minggu ini, uji petik sudah berjalan tapi saya belum terima laporan dari tim, ” ungkap Thomas ditemui di Kantor Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Banten, Selasa (24/04/2018).

Untuk menjalankan uji kelaikan kapal itu, papar Thomas, pihaknya menurunkan seluruh pejabat pemeriksa kapal (Inspector Marine) yang ada di KSOP Banten. Tugasnya untuk memeriksa seluruh unsur yang berkaitan dengan keselamatan penumpang termasuk penyediaan seluruh peralatan keselamatan diatas kapal.

“Marine Inspector yang langsung turun melakukan uji petik. Biasanya MI turun di satu kapal, bisa 2 sampai 3 orang,” papar Thomas yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Status Hukum dan Sertifikasi.

Thomas berharap, uji petik seluruh kapal penyeberangan sudah dapat diselesaikan sebelum Angleb diselenggarakan. Supaya momentum mudik Hari Lebaran dapat berjalan dengan baik.

“Uji petik dipastikan selesai sebelum dimulai angkutan lebaran. Dan semua sudah siap beroperasi untuk angkutan lebaran, ” harapnya (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here